Share

Pantai Baron Jogja: Fasilitas, Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiket

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 408 2559959 pantai-baron-jogja-fasilitas-lokasi-rute-jam-buka-dan-harga-tiket-c1uDkIxcvQ.jpg Pantai Baron (dok ANTARA)

PANTAI Baron Jogja menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta selain Pantai Kukup. Perlu diketahui, pantai ini memiliki sejarah yang unik dimana nama Pantai Baron diambil dari sebuah nama seseorang yang berkewarganegaraan Belanda.

Nama orang tersebut adalah Baron Skeber. Menurut kepercayaan para warga, Baron inilah yang memimpin pemberontakan kepada raja Mataram Islam.

Saat ini kondisi pantai Baron jauh berbeda dengan dahulu. Di pantai ini, terdapat sebuah sungai yang mengalir di antara daratan satu dengan daratan yang ada di seberang. Air sungai ini memiliki warna yang cukup eksotis, yakni perpaduan antara biru dan juga hijau yang menawan.

Tertarik berkunjung dan melihatnya? Sebelum berkunjung pastikan Anda sudah mengetahui beberapa informasi terkait pantai ini, seperti lokasi, rute pantai, harga tiket masuk, fasilitas dan objek wisata apa saja yang ditawarkan. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Lokasi Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menempuh ke lokasi ini perlu melewati perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak kira-kira 40 km dari pusat Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai

Terdapat beberapa alternatif rute perjalanan menuju ke Pantai Baron, antara lain:

Rute Piyungan, Yogyakarta

Dari Patuk ke Sambipitu menuju Hutan Bunder ke Bundaran Tugu BPD, Jl.Lingkar Selatan menuju Jl. Girisubo ke Wonosari melalui Jl. Saptosari lewat Tepus ke Pantai Baron

Rute Imogiri, Yogyakarta

Dari Jl. Panggang ke Jl.Saptosari menuju Tepus ikuti arah ke Pantai Baron

Sedangkan jika Anda berasal dari luar Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah Terminal Giwangan. Dari perempatan ambil ke arah Selatan menuju jalan Imogiri. Dari situ akan mendapatkan banyak petunjuk jalan untuk menuju ke daerah Gunungkidul dimana Pantai Baron berada.

Follow Berita Okezone di Google News

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Untuk akses masuk ke lokasi Pantai Baron sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 per orang saja. Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung bukan hanya dapat menikmati Pantai Baron saja, namun juga dapat menjelajah ke tiga pantai lainnya yang masih dalam satu kawasan seperti Pantai Kukup, Pantai Sundak dan Pantai Krakal.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Fasilitas yang Disediakan

Adapun fasilitas yang disediakan pengelola di pantai ini, antara lain:

Warung makan.

Toilet.

Tempat parkir.

Camp ground.

Gardu pandang.

Mercusuar.

Toko souvenir.

Tempat untuk memancing.

Objek Wisata yang Ditawarkan

Terdapat beberapa objek wisata yang ditawarkan di pantai ini, seperti:

Teluk dan Sungai

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pantai ini memiliki sungai yang berbentuk teluk. Teluk ini berasal dari sungai di bawah tanah. Aliran air yang dikeluarkan sangat deras sehingga pengunjung dapat bermain sepuasnya.

Air yang ada sangat tawar namun tetap terlihat segar karena sangat jernih, ditambah lagi dengan adanya bukit di area ini yang dapat dimanfaatkan melihat keindahan pantai pasir putih ini dari ketinggian.

Mercusuar

Seperti di beberapa pantai lainnya, di pantai ini terdapat mercusuar yang menjadi salah satu spot menarik yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya’. Disini pengunjung dapat melihat keindahan alam di sekitar pantai dari ketinggian.

Kapal Nelayan

Umumnya, di beberapa wahana wisata pantai jarang ditemui kapal nelayan. Berbeda di pantai ini, deretan kapal nelayan yang ada di pantai ini seringkali dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto karena desain dari kapal yang menarik.

Kuliner

Tidak cukup hanya dimanjakan dari pemandangan dan spot-spot unik yang ditawarkan, pantai yang penuh dengan hamparan pasir putih ini juga menyediakan banyak pilihan kuliner laut.

Disana berjajar warung yang menjual beraneka menu seperti kepiting, ikan kakap, udang, tongkol, udang windu, dan masih banyak lainnya. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir kelaparan saat menikmati pantai ini.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini