Share

Mencicipi Nasi Jeruk Blangkon, Kuliner di Semarang yang Bikin Ketagihan

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 14 Maret 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 12 301 2560426 mencicipi-nasi-jeruk-blangkon-kuliner-di-semarang-yang-bikin-ketagihan-Qgz6IPrF1X.jpg Nasi Jeruk Blangkon (iNews/Taufik Budi)

NASI bungkus yang satu ini beda dari biasanya. Nasi jeruk blangkon tidak hanya unik dari sebutannya, tetapi juga kaya rempah khas nusantara. Dalam satu bungkus sudah lengkap dengan berbagai lauk dan sambal, serta memadukan beragam cita rasa.

Nasi jeruk blangkon saat ini banyak diminati warga Kota Semarang karena penasaran ingin mencicipinya. Bentuknya unik, karena pembungkusnya menggunakan daun pisang dan kertas yang dibentuk mirip blangkon atau penutup kepala warga suku Jawa.

Cara pembuatan nasi jeruk blangkon ini diawali dengan penyiapan beragam bumbu rempah seperti daun jeruk, serai, bawang merah,bawang putih, cabai rawit serta daun salam. Siapkan teri medan untuk memperkuat cita rasa.

infografis

Kemudian goreng teri hingga menguning kecokletan. Iris tipis cabai, bawang putih dan bawang merah, sebelum ditumis hingga tercium bau harum. Untuk daun jeruk, buang bagian tulangnya agar tak pahit, lalu potong kecil-kecil.

“Setelah ditumis bersama teri medan, masukkan ke air yang sedang dipanaskan. Tambahkan daun salam dan cabai utuh. Kemudian masukkan beras yang telah dicuci, aduk hingga merata bersama rempah-rempah sebelumnya,” kata Muntafiah Reynaldi, pembuat nasi jeruk blangkon.

Selanjutnya menunggu hingga air mengering dan menyerap dalam nasi rempah. Lalu pindahkan ke panci lainnya untuk ditanak.

“Aduk beberapa kali hingga nasi benar-benar matang. Sebagai pembungkus, siapkan daun pisang dan panaskan di api kompor agar daun tak mudah robek,” katanya.

Sebagai pelengkap nasi jeruk, sediakan beragam lauk seperti suwiran ayam goreng, tongkol, udang, sambal dan lalapan.

“Makanan ini akan terasa lebih lezat jika dinikmati bersama keluarga. Porsinya juga cukup mengenyangkan,” ujarnya.

Harga yang dipatok untuk menikmati satu bungkus nasi jeruk blangkon cukup terjangkau yakni Rp15.000. Konsumen juga bisa meminta kemasan lain sebagai hantaran dalam keranjang besek yang dibanderol Rp35.000.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini