Share

Bebas Karantina Diterapkan, Kepri Bidik Pasar Turis Negeri Bollywood

Antara, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 14 406 2561574 bebas-karantina-diterapkan-kepri-bidik-pasar-turis-negeri-bollywood-6eC9ALkMkj.jpg Kawasan wisata Lagoi di Bintan, Kepulauan Riau (Antara)

PEMERINTAH Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Pariwisata membidik pasar wisatawan mancanegara (wisman) India, selain Asia Tenggara yang selama ini menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar di daerah tersebut.

"Sudah sekian lama, kunjungan wisman ke Kepri masih didominasi Singapura dan Malaysia, mengingat letak geografis antarwilayah sangat dekat," Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Buralimar di Tanjungpinang, Senin.

 BACA JUGA: Kemenparekraf Dukung Eksplorasi Wisata dan Misi Ekonomi dalam Mandalika Wonderful Ride 2022

Buralimar menyebut India atau Negeri Bollywood merupakan salah satu pasar wisman paling potensial pada 2022, terlebih negara itu masih termasuk dalam kawasan Asia bagian selatan.

Bahkan sepanjang tahun 2021, kunjungan wisman India ke Kepri berdasarkan data BPS, berada di peringkat ketiga dengan jumlah sebanyak 33 orang, disusul peringkat kedua kunjungan wisman Malaysia sebanyak 238 orang, dan peringkat pertama wisman Singapura sebanyak 423 orang.

 

"Ini membuktikan bahwa turis India antusias berkunjung ke Kepri, meski dengan persyaratan perjalanan yang ketat di tengah pandemi COVID-19," ujar Buralimar.

Buralimar juga optimistis kunjungan wisman India, termasuk wisman kawasan Asia Tenggara ke Kepri ke depan akan makin meningkat, menyusul pemberlakuan kebijakan penerapan bebas karantina bagi wisman khususnya di Batam, Bintan dan Bali.

 BACA JUGA: Wisatawan Paralayang Terjun Bebas dari Ketinggian 6 Meter Gara-Gara Tali Pengaman Putus, Ini Faktanya

Sebelum itu, banyak wisman merasa keberatan datang ke tiga kawasan tersebut, dikarenakan salah satu syarat mereka wajib karantina selama 3 hingga 7 hari setelah kedatangan.

"Kebijakan bebas karantina ini akan menjadi momentum pemulihan sektor pariwisata, setelah dua tahun ini terpuruk akibat pandemi," ucapnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Buralimar mengharapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ikut membantu para pelaku pariwisata khususnya di Bintan dan Batam, mempromosikan wisata ke India agar mereka semakin tertarik datang ke Bumi Segantang Lada tersebut.

 Ilustrasi

Selain India, ia juga menyarankan promosi wisata menyasar pasar Korea yang dinilai cukup potensial, apalagi sudah ada rencana carter penerbangan turis Korea ke Kepri dalam waktu dekat ini.

"Tahun ini, kami proyeksikan 2 juta kunjungan wisman ke Kepri. Dengan berbagai kelonggaran yang diberikan pemerintah terhadap kedatangan wisman, InsyaAllah target itu dapat tercapai," demikian Buralimar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini