Share

9 Hutan Pinus di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Instagramable

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 408 2562187 9-hutan-pinus-di-jogja-yang-wajib-dikunjungi-dijamin-instagramable-D4eRcDKX77.jpg Hutan Pinus Pengger di Bantul, DI Yogyakarta (Instagram @pinuspengger)

HUTAN pinus Jogja atau Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlupakan. Siapa yang tak kenal dengan daerah wisata Yogyakarta? Ya, Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang tidak pernah sepi pengunjung.

Terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Yogyakarta, tidak hanya tentang kuliner, bahkan wisata alam Yogyakarta kerap menjadi primadona.

Banyak wisata alam yang tersebar di penjuru Yogyakarta, baik itu gunung, bukit, pantai bahkan hutan pinus. Lalu, daftar hutan pinus apa saja yang ada di Jogja? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Seribu Batu Songgo Langit

Ingin suasana hutan pinus yang berbeda saat berkunjung di Jogja? Mari kunjungi Seribu Batu Songgo Langit. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Sukarame, Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta.

Tempat satu ini identik dengan rumah Hobbit yang menjadi spot foto andalan wisatawan. Adanya hutan pinus yang rimbun mengelilingi sekitar membuat kawasan ini terasa sejuk alami. Rute menuju tempat ini cukup dekat dengan tempat wisata hutan pinus Mangunan.


Bicara soal harga tiket, tempat ini tidak membutuhkan kocek terlalu mahal cukup mengeluarkan uang Rp3.000 saja sudah bisa menikmati sejuknya udara hutan. Untuk jam operasionalnya dari pukul 06:00 hingga 23.00 WIB.

Hutan Pinus Mangunan

Siapa yang tak kenal dengan tempat ini? hutan pinus Mangunan menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi saat pergi ke Jogja. Kawasan yang berlokasi di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Kota Yogyakarta ini dipenuhi pepohonan tinggi dengan tanaman pinus yang tersebar rata.

Ilustrasi

Hutan Pinus Mangunan (Instagram @apramithad)

Suasananya yang sejuk nan asri, membuat para wisatawan bisa bersantai lama di tempat ini tanpa rasa bosan. Untuk rute kawasan wisata hutan pinus ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Harga tiket tempat wisata Mangunan ini cukup murah yakni Rp5.000. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Puncak Pinus Becici

Siapa yang tak kenal dengan hutan pinus ini? Ya, wahana Puncak Pinus Becici ini pernah dikunjungi mantan presiden AS, yakni Barack Obama.

Tempat wisata yang berlokasi di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikelilingi pepohonan pinus dengan luas mencapai 4,4 hektar.

Ilustrasi

Puncak Pinus Becici (Instagram @hnaamanda)

Bagi yang menyukai keindahan alam berlatarkan kota Yogyakarta, ini menjadi pilihan tepat. Untuk harga tiket masuk tempat ini dibanderol cukup murah, yakni: Rp5.000 untuk perorang, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

Bukit Pangkuk Kediwung

Tempat satu ini termasuk tempat yang bisa dibilang tempat wisata baru yang hadir di Jogja. Berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, tempat ini menghadirkan pemandangan gumpalan kabut putih bak negeri di atas awan.


Adapun, hutan ini cocok dikunjungi saat sunrise ataupun menjelang sunset. Maka tak heran jam operasionalnya dimulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Rute menuju hutan ini dapat ditempuh melalui jalur Imogiri lalu ke arah kebun buah Mangunan.

Ilustrasi

Harga tiket biaya masuk tempat ini cukup murah, yakni: Rp2.500 untuk perorang, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp2.000 untuk motor.

Bukit Lintang Sewu

Tempat satu ini termasuk sebuah kawasan hutan yang diselimuti pinus, dengan berbagai fasilitas unik yang menarik. Berlokasi di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, rute menuju tempat ini agak sulit dengan jalan bebatuan, jadi harus lebih berhati-hati.

Untuk menikmati udara sejuk nan asri di tempat ini, hanya cukup membayar Rp2.000 saja. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Hutan Pinus Nglinggo

Tempat wisata yang berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini kerap dimanfaatkan sebagai tempat offroad dengan Jeep.

Wisatawan bisa menyewa kendaraan untuk menelusuri hutan pinus yang berada di tengah kota ini. Pengunjung juga bisa menikmati hamparan kebun teh yang tak kalah indah.

Adapun harga tiket masuknya cukup murah hanya Rp5.000 saja, sedangkan bila ingin menyewa jeep harganya berkisar Rp200.000 - Rp700.000. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Pinus Pengger

Bagi yang suka foto-foto ala Instagramable, kawasan satu ini wajib dikunjungi. Hutan Pinus Pengger ini termasuk kawasan hutan pinus yang menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk spot foto andalan.

Salah satunya yakni sebuah sarang burung raksasa dengan pemandangan kota Yogyakarta dari tampak atas. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah saat malam hari, ketika lampu kota saling menyala.

Ilustrasi

Untuk memasuki kawasan ini cukup siapkan Rp5.000 untuk tiket masuk. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Kawasan ini berlokasi di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Pinus Asri Karangasem

Sejumlah orang menyukai tempat wisata yang tak terlalu sulit untuk ditempuh. Untuk itu, Pinus Asri Karangasem bisa jadi pertimbangan. Tempat yang berlokasi di Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini identik dengan sebuah spot foto yang dikelilingi bunga matahari untuk para pengunjung.

Harga tiket masuk di tempat ini cukup murah, yakni: Rp2.500 untuk perorang, Rp2.000 untuk motor, dan Rp10.000 untuk mobil. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian 9 hutan pinus Jogja yang bisa wajib dikunjungi saat bermain ke Jogja. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini