Share

Pesona Morotai, Surga Diving dan Wisata Sejarah Perang Dunia II

Vien Dimyati, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 408 2562971 pesona-morotai-surga-diving-dan-wisata-sejarah-perang-dunia-ii-UQF2akyNe0.jpg Morotai Maluku Utara (dok Instagram @jababekandco)

PESONA keindahan Morotai, Maluku Utara selalu menarik dijelajahi wisatawan. Morotai merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dikembangkan oleh pemerintah.

Ada banyak atraksi yang bisa dinikmati. Mulai dari diving, snorkeling, hingga menikmati sejarah peninggalan Perang Dunia II. Masing-masing memiliki keunikan.

Dalam rangka mengembangkan pariwisata Morotai, kawasan ini tidak hanya menyajikan destinasi wisata, di sini juga menjadi kawasan bisnis.

Bahkan, The Pade Hotel & Resort Group melebarkan bisnisnya ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai. The Pade Hotel & Resort Group merupakan salah satu grup hotel yang beroperasi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Saat ini The Pade Hotel & Resort Group punya dua area pengembangan, yaitu di Banda Aceh dikenal sebagai Boutique Hotel, yang menawarkan kemudahan tinggal untuk berlibur maupun berbisnis dengan fasilitas lengkap.

Mulai dari ruang meeting, konferensi, gym, spa, kolam renang standar internasional, dan restoran dengan menu makanan bervariasi, baik lokal maupun internasional.

infografis

Lokasi kedua adalah The Pade Resort yang berada di Kota Sabang, tepat di pinggir Pantai Laut Andaman yang indah dan dikelilingi spot-spot menarik. Resor ini juga terkenal dengan fasilitas yang lengkap, khususnya untuk kebutuhan diving. Mulai dari fasilitas kapal, peralatan selamnya, sampai guide yang berpengalaman.

Rencana pembangunan hotel ini akan berada di area Tanjung Dehegila - KEK Morotai. The Pade Hotel & Resort Group akan membangun resor dan hotel berbintang dengan skala internasional.

Lebih jauh, pengembangan The Pade Hotel di KEK Morotai akan mengarah pada perpaduan antara dua pengembangan hotel dan resor sebelumnya yang berada di NAD, yaitu untuk bisnis dan leisure, khususnya diving dan surfing.

Kemudian, pihak The Pade Hotel & Resort Group akan membuat fasilitas yang lengkap dan memanjakan wisatawan. Mulai dari fasilitas MICE yang lengkap, seperti ruang meeting dan alat-alat penunjang untuk menyelenggarakan event, fasilitas diving yang lengkap, dan spot-spot diving yang menarik untuk dikunjungi, seperti batu karang, kapal maupun kendaraan peninggalan Perang Dunia II serta keindahan alam di pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Morotai.

Menurut Basuri Tjahaja Purnama selaku Direktur Utama PT Jababeka Morotai, dengan bergabungnya The Pade Hotel & Resort Group ke KEK Morotai di Pulau Morotai, maka akan mengakselerasi perkembangan Pulau Morotai bersama dengan investor yang sudah bergabung, yaitu RCI Group dari Taiwan, yang akan membangun hotel and resor, theme park & perumahan dengan konsep kastil serta pusat perbelanjaan dan gedung komersial.

"Adapun saat ini sudah terbangun dua resor di area Tanjung Dehegila untuk memenuhi kebutuhan liburan para wisatawan, yaitu D’Aloha Resort & Marahai Resort," kata Basuri, di Menara Batavia, Jakarta, belum lama ini.

Sementara, Surya Adiwijaya Soepono selaku Founder & Chairman The Pade Group mengatakan, alasan The Pade Hotel & Resort Group tertarik mengekspansi bisnisnya ke KEK Morotai, karena hadirnya dukungan pemerintah pusat maupun daerah yang terletak pada statusnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

Hal itu ditunjukkan dengan kemudahan perizinan melalui fasilitas One Stop Service dan berbagai insentif seperti tax holiday atau tax allowance (pengurangan pajak penghasilan badan) hingga 20 tahun, gratis Pajak Pertambahan Nilai (PPN), gratis bea masuk, dan manfaat non-fiskal lainnya.

Selain itu tambahnya, juga untuk mewujudkan visi misi The Pade yang terpanggil untuk ikut memajukan potensi pariwisata lokal di daerah-daerah yang belum digali secara optimal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini