Share

Keliling Naik KRI Sampari, Wapres Ma'ruf Amin "Terbius" Keindahan Alam Labuan Bajo

Antara, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 406 2563609 keliling-naik-kri-sampari-wapres-ma-ruf-amin-terbius-keindahan-alam-labuan-bajo-pJzExcEkK5.JPG Wapres KH. Ma'ruf Amin (Foto: Instagram/@kyai_marufamin)

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin baru saja kembali dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk membuka kegiatan Asia International Water Week (AIWW) ke-2 bertema 'Air yang Cukup dan Berkelanjutan untuk Semua'.

Wapres menjejakkan kaki di Labuan Bajo pada Senin lalu dan langsung membuka kegiatan tersebut yang berlangsung sejak Senin hingga Rabu, 16 Maret 2022.

Ia hanya dua hari satu malam di kawasan wisata super prioritas itu sehingga pada Selasa orang nomor dua di Indonesia itu langsung kembali ke Jakarta.

Namun sebelum kembali ke Jakarta, Wapres bersama ibu wakil negara Wury Estu Handayani menyempatkan diri berkeliling ke pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo, antara lain Pulau Bidadari dan Pulau Kelor, dengan menggunakan KRI Sampari 628 didampingi oleh Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo (BPOLBF) Shana Fatina.

Infografis Labuan Bajo

Ada hal yang menarik dari kurang lebih 1,5 jam Wapres berkeliling di pulau itu, salah satunya adalah orang nomor dua di Indonesia itu sangat mengagumi keindahan pantai dan alam di kawasan TN Komodo.

"Wajar jika kawasan ini menjadi lokasi prioritas berwisata bagi wisatawan," kata Wapres.

Namun Wapres yang baru pertama kali berkunjung ke Labuan Bajo itu baru tahu bahwa Labuan Bajo itu tidak hanya mempunyai Komodo 'The Dragon' sebagai satu-satunya potensi wisata yang menarik di daerah itu.

Namun, kawasan tersebut mempunyai potensi wisata lain seperti wisata baharinya, budaya dan adat istiadatnya yang mampu menarik wisatawan untuk berwisata di daerah.

"Awalnya bapak Wapres mengira hanya Komodo yang menjadi wisata unggulan, tetapi setelah diceritain bahwa lebih luas dari itu, bahkan kebudayaan yang belum di-eksplor, dari situ beliau yakin bahwa akan sukses Labuan Bajo ke depannya," ungkap Dirut Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina.

Selama kurang lebih 1,5 jam berkeliling melihat pulau-pulau indah di sekitar Labuan Bajo, ada beberapa hal yang menurut Shana yang didiskusikan bersama dengan orang nomor dua di Indonesia itu.

Beberapa hal yang diskusikan itu antara lain soal kesatuan Labuan Bajo terintegrasi dengan TN Komodo kemudian juga 11 kabupaten koordinatif yang membentuk 'Ring of Beauty' NTT.

11 Kabupaten koorinatif yang membentuk 'Ring of Beauty' NTT itu sudah dibentuk sejak tahun 2020 lalu yang mana dikenal dengan sebutan Floratama yakni Flores, Lembata, Alor dan Bima.

Flores sendiri memiliki delapan kabupaten, kemudian ditambah dengan Alor dan Lembata serta Bima Nusa Tenggara Barat. Daerah-daerah itu adalah daerah penyangga yang akan mendapatkan manfaat dari perkembangan pariwisata di Labuan Bajo.

Harapan Wapres Ma'ruf Amin

Dengan keindahan alam dan potensi pariwisata di Labuan Bajo yang sangat memesona tersebut tentunya akan membantu meningkat perekonomian masyarakat.

Wapres mengagumi aktivitas wisata yang ada di daerah itu, mulai dari kekayaan keanekaragaman hayati yang luar biasa, mulai dari Komodo, ekosistem darat, ekosistem laut yang semuanya menjadi bagian yang tak terpisahkan bagian penting bagi kekuatan wisata Labuan Bajo.

Ia juga berharap agar semua yang berkaitan dengan pariwisata di Labuan Bajo itu harus melibatkan masyarakat dan pelaku UMKM di daerah itu. Tak hanya itu, ia menekankan pentingnya menjaga kelestarian alam sehingga potensi yang ada tidak rusak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini