Share

5 Insiden Pendaratan Pesawat Paling Horor di Dunia, Nomor 3 Meluncur ke Laut

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 406 2564751 5-insiden-pendaratan-pesawat-paling-horor-di-dunia-nomor-3-meluncur-ke-laut-ampz8SOVBH.jpg Ilustrasi pesawat jatuh (Antara)

PROSES lepas landas dan pendaratan pesawat adalah bagian krusial dan menentukan dalam sebuah penerbangan. Tapi kadang-kadang, pendaratan berbahaya bisa terjadi karena sejumlah faktor.

Nah, dirangkum MNC Portal dari kanal Youtube Tamara Delv, berikut adalah 5 pendaratan pesawat paling berbahaya di dunia.

1 runway 2 pesawat

Kejadian mengerikan pertama terjadi pada 2014 di Bandara Barcelona, Spanyol. Sebuah pesawat boeing 767 milik maskapai UTair yang telah mendapatkan izin untuk mendarat dari petugas menara kontrol tiba-tiba menggagalkan proses pendaratannya untuk menghindari tabrakan di runway karena sebuah airbus A340 milik Aerolineas Argentinas melintas di runway tempat pendaratan pesawat boeing 767 tersebut.

 BACA JUGA: Dengan Teknologi Ini, Pesawat Bisa Parkir Sendiri Tanpa Bantuan Marshaller

Sehingga kemudian pesawat boeing 767 itu memilih untuk berputar sekitar 5 menit di udara dan mengulangi proses pendaratan. Semuanya selamat dan tidak terjadi tabrakan. Pihak bandara mengatakan bahwa sebenarnya kedua pesawat ini memiliki jarak yang cukup, namun berbeda dengan pernyataan dari pihak maskapai.

Pihak maskapai UTair mengeluhkan insiden tersebut dan menjelaskan saat pilot sedang final approach, pilot berusaha menggagalkan pendaratan karena ada rintangan di runway dan pilot tidak mau mengambil risiko.

 

Over run ke laut

Penerbangan berbahaya terjadi pada Embraer 190. Pesawat ini lepas landas dari Kolombia. Semuanya normal dan pilot sempat mendapatkan informasi dari menara kontrol Santa Marta, Kolombia, tempat pesawat akan mendarat yakni runway 01 dalam keadaan licin dan basah.

Ternyata, justru pada saat pesawat milik maskapai AeroRepublica itu mendarat, pesawat tergelincir dan terus meluncur keluar dari runway hingga bagian depan pesawat ini masuk ke laut.

 BACA JUGA: Bikin Penumpang Histeris, Pesawat Alami Masalah Mesin hingga Mendarat Darurat

Dari total 60 penumpang yang ada di dalam pesawat, 7 diantaranya luka-luka. Kemungkinan penyebab dari insiden tersebut adalah pesawat masih terlalu cepat saat final approach dan runway terlalu pendek untuk menghentikan pesawat yang tergelincir. Peristiwa tersebut terjadi pada 2007.

Patah di salju

Berbicara mengenai pesawat yang tergelincir, American Eagle 4125 pernah mengalaminya pada 2019. Pendaratan ini menjadi salah satu yang berbahaya. Pesawat embraer 145 ini akan mendarat di bandara internasional Chicago O'Hare, namun saat itu cuaca buruk dan landasan pacu tertutup es.

Pesawat ini sempat turun dan akan mendarat, tapi pilot menggagalkan upaya pendaratan hingga pesawat ini kembali naik dan berputar selama 20 menit di udara. Lalu pesawat ini kembali mencoba untuk mendarat di runway 10. Tapi karena runway licin, pesawat ini tergelincir dan terus meluncur hingga roda pendaratan patah. Namun beruntung tidak ada penumpang yang mengalami luka dan semuanya selamat.

Hard landing

Hard landing boeing 777 milik Korean Airlines terjadi pada 2018. Pesawat ini lepas landas dari Seoul, Korea Selatan menuju Tokyo, Jepang. Semuanya tampak baik-baik saja hingga pesawat ini akan mendarat di Tokyo, Jepang dari rekaman video, tiba-tiba saja pesawat ini terlihat miring ke kiri dan kanan sebelum mendarat.

Setelahnya, roda pendaratan menyentuh runway dengan sangat keras sehingga poros roda pendaratan kanan patah. Asap juga terlihat keluar dari bagian belakang dan samping pesawat. 335 penumpang di dalamnya selamat dan tidak mengalami cedera. Hanya saja, akibat kejadian ini para penumpangnya harus menunggu sekitar 90 menit untuk bisa turun dari pesawat menuju terminal bandara.

 Ilustrasi

Pintu pesawat terbuka

Pada 2021, sebuah video memperlihatkan detik-detik pendaratan pesawat boeing 737 milik maskapai Aerosucre Kolombia yang merupakan pesawat kargo. pesawat itu diketahui baru saja lepas landas beberapa waktu dan semuanya tampak normal.

Namun, masalah segera terjadi sehingga kru pesawat memutuskan untuk segera melakukan pendaratan darurat karena ternyata, pintu kargo pesawat terbuka dalam penerbangan.

Hal itu sangat berbahaya karena tekanan di pesawat akan hilang. Beruntung, ini adalah pesawat kargo sehingga tidak ada penumpang yang tersedot keluar dari pesawat. Tidak ada kru yang cedera akibat kejadian ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini