Share

5 Tempat Paling Panas di Bumi, Suhunya Ada yang Mencapai 70,5 Derajat Celcius

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 408 2564590 5-tempat-paling-panas-di-bumi-suhunya-ada-yang-mencapai-70-5-derajat-celcius-mrnExjKUIq.jpg Dasht-e Lut di Iran, salah satu tempat terpanas di bumi (Freepik)

MESKIPUN sebagian besar wilayah bumi terdiri dari wilayah perairan, namun terdapat sejumlah tempat yang sangat tandus dan gersang bahkan punya suhu udara super panas.

Spot yang demikian biasanya terletak di wilayah Timur Tengah dan sebagian Afrika. Namun jangan salah, Amerika Serikat yang punya iklim sub-tropis yang setiap tahunnya turun salju pun ternyata menyumbang salah satu dari 5 tempat paling panas di Bumi.

Penasaran? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan ulasannya!

1. Ghadames, Libya

Di antara sejumlah tempat paling panas di Bumi, Ghadames tampaknya menjadi salah satu yang paling unik. Bagaimana tidak, wilayah ini merupakan kota yang memiliki penduduk mencapai 1000 jiwa.

Adapun cara para penduduk kota tersebut bertahan dari teriknya cuaca disana adalah dengan membangun rumah dari lumpur yang mampu menyerap panas. Keunikan itu pun membuat kota ini menjadi salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO lho!

2. Dallol, Ethiopia

Terkenal sebagai salah satu negara gersang dan kering di Afrika Timur, salah satu wilayah Ethiopia yakni Kota Dallol menjadi tempat paling panas di bumi dengan suhu udara mencapai 41 derajat celcius setiap harinya.

Selain letak geografis, kota yang hancur akibat aktivitas pertambangan itu juga punya air mancur panas dari gas dan berada di atas area vulkanik yang aktif. Kebayang panas nya?

3. Death Valley, Amerika Serikat

Adalah sebuah daerah yang merupakan bagian dari wilayah Gurun Mojave yang terletak di Negara Bagian California. Suhu rata-rata disana mencapai 47 derajat celcius. Itulah alasan apabila tempat ini dinamakan Death Valley yang berarti 'Lembah Kematian', panasnya minta ampun!

4. El Azizia, Libya

Pernah membayangkan hamparan gurun yang luas dimana tiada satu pun pohon sehingga tampak gersang dan panas? Tengok saja El Azizia di Libya, dimana konon wilayah ini sempat dinobatkan sebagai tempat terpanas di dunia pada tahun 1922 lalu saat suhunya mencapai 58 derajat celcius.

Namun 'gelar' tersebut tak lagi disandang El Azizia karena rerata suhu disana yang 'hanya' sekitar 48 derajat celcius dan masih ada lagi tempat lain yang jauh lebih panas.

Ilustrasi

5. Dasht-e Lut, Iran

Adalah wilayah dataran tinggi yang terletak di Iran. Namun tidak seperti dataran tinggi pada umumnya yang punya udara sejuk, kawasan ini digadang-gadang menjadi tempat paling panas di Bumi hingga artikel ini ditulis, dimana Dasht-e Lut tercatat memiliki suhu tertinggi mencapai 70,5 derajat celcius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini