Share

5 Negara di Dunia yang Paling Minim Dilanda Bencana Alam, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 408 2564648 5-negara-di-dunia-yang-paling-minim-dilanda-bencana-alam-apa-saja-D0YmWkPGTu.jpg Qatar salah satu negara paling rendah bencana alam (worldtourismforum.net)

DI DUNIA ini terdapat banyak negara yang paling rentan terkena bencana alam, seperti Indonesia misalnya. Sebaliknya, terdapat juga beberapa negara yang diklaim aman dari bencana alam.

Indeks bencana alam di negara-negara ini bahkan sangat rendah, sehingga hampir tidak pernah terjadi bencana alam yang bisa mengakibatkan banyak penduduk kehilangan nyawa.

 BACA JUGA: 7 Kota Terkecil di Indonesia, Luasnya Tak Seberapa tapi Padat Penduduk

Mengutip dari kanal Youtube Angka dan Data, berikut adalah 5 negara yang memiliki indeks bencana alam terendah di dunia dan diklaim sebagai tempat yang paling aman.

5. Malta

Malta merupakan negara yang terletak di Eropa bagian selatan. Berjarak sekitar 800 KM dari Italia dan berpenduduk sekitar 700 ribu jiwa. Malta juga menduduki peringkat teratas sebagai negara yang diklaim paling aman dari bencana alam di dunia.

 Ilustrasi

Malta

Malta dinobatkan sebagai negara yang paling aman dari bencana alam karena indeks bencana yang sangat rendah di negara tersebut. Jika ingin berwisata ke negara yang beribukota Valletta ini, maka tak perlu khawatir tentang bencana alam.

4. Barbados

Barbados adalah sebuah negara kepulauan di Afrika Tengah. Letaknya berbatasan langsung dengan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Uniknya, meskipun termasuk negara kepulauan, Barbados merupakan negara dengan indeks bencana alam yang sangat rendah.

 BACA JUGA: 7 Kota Terbaik di Jepang untuk Tempat Tinggal

Hampir tidak pernah terjadi bencana dahsyat di negara berpenduduk 400 ribu jiwa ini. Kondisi negeri yang tenang, perekonomian yang stabil, dan tingkat kriminal yang rendah membuat negara kecil ini menjadi salah satu tujuan utama wisata favorit.

 

3. Norwegia

Salah satu negeri indah di Eropa ini termasuk negara dengan indeks bencana alam terendah di dunia. Hampir tidak pernah ada bencana alam besar di negara berpenduduk 5 juta jiwa ini. Bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di Norwegia adalah badai yang terjadi pada 1980 silam.

Pada 2017 lalu, juga terdapat banjir bandang yang menyebabkan kerusakan materi cukup besar. Namun, bencana alam yang pernah beberapa kali terjadi di Norwegia ini diberitakan hampir tidak pernah memakan korban jiwa yang cukup masif. Ditambah dengan sistem pembiayaan asuransi bencana yang bagus, membuat penduduk Norwegia merasa aman secara finansial di kala bencana datang.

2. Islandia

Negara kecil yang selalu bersuhu dingin ini juga menduduki peringkat teratas dalam kelompok negara dengan bencana alam paling sedikit di dunia. Memang beberapa kali Islandia pernah mengalami gempa. Namun, tidak sebesar gempa yang terjadi di negara lain.

Jika dibandingkan dengan bencana di Jepang misalnya, hasilnya akan sangat timpang. Di Islandia, hanya ada suhu dingin dan ombak besar. Gempa bumi dan letusan gunung berapi yang pernah terjadi di Islandia pada zaman dahulu sama sekali tidak mengakibatkan dampak yang besar bagi negara berpenduduk 370 ribu jiwa ini.

 Ilustrasi

1. Qatar

Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Tidak heran dengan kemakmuran tersebut, di negara ini banyak sekali gedung-gedung pencakar langit layaknya negara-negara maju lainnya. Namun selain kaya raya, ternyata Qatar juga minim bencana alam.

Di negara berpenduduk 2.5 juta jiwa ini sangat jarang terjadi bencana alam yang berdampak buruk bagi kota atau negaranya. Hal ini karena letak geografisnya yang terlindungi dan jauh dari titik gempa.

Bahkan Qatar dinobatkan sebagai negara yang paling aman dari bencana alam di dunia. Indeks bencana alam di negeri ini sangatlah rendah, bahkan diklaim lebih aman daripada Islandia dan Norwegia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini