Share

Ingin Wisata Kuliner Malam Hari? Yuk Cobain Datang ke Jambi Night Market

Antara, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 301 2565028 ingin-wisata-kuliner-malam-hari-yuk-cobain-datang-ke-jambi-night-market-ShXzPd4b3H.jpg Suasana Jambi Night Market (dok ANTARA)

SUASANA nampak berbeda ketika mengunjungi area pasar Kota Jambi pada malam hari. Kawasan pasar yang sepi pada malam hari kini kembali ramai seiring dengan adanya 'Jambi Night Market' yang diprakarsai oleh Pemerintah Kota Jambi sejak awal tahun 2022 lalu.

"Luas biasa ide Jambi Night Market ini," kata Wakil Walikota Jambi Maulana disela-sela meresmikan Jambi Night Market, Sabtu malam 19 Maret 2022.

infografis

Di Kelurahan Rang Kayo Hitam tepatnya depan bekas Istana Anak-Anak Pasar Jambi kini puluhan UMKM Kota Jambi berjejer rapi menjajakan produk mereka. Mulai dari kuliner hingga produk industri kreatif lainnya dipromosikan pelaku kreatif Kota Jambi.

Suasana juga semakin indah dengan hiasan lampu yang menambah estetika di Jambi Night Market.

Maulana mengatakan, kawasan pasar ini sejatinya menjadi kawasan mati pada malam hari. Transaksi ekonomi biasanya hanya terjadi dari pagi hingga sore hari selebihnya kawasan ini menjadi sepi.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Kondisi ini dinilai menjadi kurang ekonomis mengingat saat ini pemerintah sedang gencar kembali memulihkan ekonomi daerah akibat terdampak pandemi COVID-19.

Jambi Night Market ini sebetulnya diawali oleh ide-ide kreatif pemuda-pemuda Jambi lulusan kampus dalam dan luar negeri. Ide kreatif pemuda-pemudi ini langsung ditangkap oleh Pemkot Jambi sehingga memberikan dukungan kepada para pemuda ini dalam menghadirkan konsep pasar malam yang lebih modern dimana menghadirkan puluhan UMKM Kota Jambi.

"Biasanya kalau malam hari sepi dan banyak kegiatan negatif, nah dengan ide kreatif anak muda ini dibuktikan alhamdulilah tempatnya ramai dan mempunyai peminat yang besar dari masyarakat, temanya adalah ramaikan pasar pulih bersama," terang Maulana.

Jambi Night Market pada dasarnya bukan saja pasar yang mempertemukan pelaku UMKM Jambi dengan pembeli. Dari transaksi Jambi Night Market sendiri diharapkan dampak meningkatkan pendapatan UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Maulana meneruskan, pasar yang menjadi kebanggaan orang Jambi pasar buah, diramaikan kembali terutama pada malam hari dan juga ekonomi pulih karena banyak UMKM yang bisa berjualan maka ekonomi real akan berkembang.

"Nanti tentu selang beberapa saat ada perhitungan berapa sebetulnya transaksi ekonomi yang bisa didapatkan dari Jambi Night Market seperti halnya di Tugu keris sampai ratusan Juta untuk satu malamnya untuk pembayaran yang non tunai karena di malam hari rawan," terangnya.

Masyarakat yang datang ke Jambi Night Market dapat menikmati sajian kuliner yang beragam. Jambi Night Market dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata kuliner di Kota Jambi.

Selain itu, Maulana menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kota Jambi mengapresiasi inisiatif dari pemuda Jambi lulusan kampus dalam dan luar negeri, yang telah menyumbangkan ide-ide kreatif mengaktifkan pasar di malam hari.

Maulana mengatakan demi keberlangsungan Jambi Night Market ini dirinya mengajak masyarakat Jambi untuk tetap menaati protokol kesehatan ketika mengunjungi Jambi Night Market.

Sementara itu, Maryanti, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jambi mengatakan bahwa kerjasama ini memang dinanti oleh Pemkot Jambi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini