Share

Pura Mangkunegaran Siapkan Konsep Pengembangan Pariwisata, Ini Faktanya

Antara, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 406 2565576 pura-mangkunegaran-siapkan-konsep-pengembangan-pariwisata-ini-faktanya-yiJKmxoS6K.jpg

PURA Mangkunegaran siap mendukung Pemkot Solo dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah. Sebagai salah satu trah dinasti Kerajaan Mataram, Pura Mangkunegaran memiliki peran sebagai sebagai salah satu pusat kebudayaan.

"Bagaimana nanti ke depannya, kami bisa support. Solo kan sebagai kota budaya dan sebagai salah satu pusat kebudayaan di Solo ada di kami, Mangkunegaran," kata Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran, Solo.

Terkait hal itu, saat ini pihaknya tengah menyusun konsep untuk pengembangan jangka panjang. Meski demikian, untuk pengembangan jangka pendek juga sudah mulai dipikirkan, yakni melakukan perbaikan dari sisi pariwisata.

infografis

"Kami gunakan sebulan dua bulan pertama ini dari Mangkunegaran untuk mematangkan konsep kami ke depannya. Untuk bagaimana konten-kontennya pariwisata kami kembangkan sedikit demi sedikit," katanya.

Terkait penguatan konsep, pihaknya segera melakukan penyamaan narasi serta menambah konten dengan berdasarkan riset yang lebih baik. Konten tersebut dapat dipresentasikan kepada para pengunjung yang datang ke Pura Mangkunegaran untuk berwisata.

Di sisi lain, ia juga berharap ke depan Pura Mangkunegaran bisa lebih dekat dengan masyarakat Kota Solo dan bisa menjadi bagian dari aktivitas warga.

"Bagaimana Pamedan (bagian depan Pura Mangkunegaran) bisa jadi pusat aktivitas, bisa jadi pusat event. Jadi ke depan untuk di area Pamedan lebih terbuka," katanya.

Adapun, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah membocorkan gambar dan foto rencana penataan koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro kepada Adipati Mangkunegara X.

"Karena bagaimanapun nanti mind of attraction ya di Pura Mangkunegaran, saya minta izin dan masukan dari Gusti Bhre agar pembangunan dan revitalisasi koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro bisa bersinergi dengan Mangkunegaran," katanya.

Apalagi terkait penunjukan Kota Solo sebagai tuan rumah Working Group yang menjadi bagian dari acara G20 di Bali, juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Mangkunegaran kepada tamu asing.

"Nanti akan ada royal dinner di sini, soalnya ini venue yang sangat luar biasa. Harapannya destinasi ini bisa benar-benar membuat bangga warga Solo," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini