Share

Selandia Baru Kembali Terima Turis Asing Mulai Mei, Tak Wajib Karantina!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 406 2565939 selandia-baru-kembali-terima-turis-asing-mulai-mei-tak-wajib-karantina-Ci0vActyC1.jpg Suasana di Jalan Lambton Quay, Wellington, Selandia Baru (Reuters)

SELANDIA Baru atau New Zealad kembali menerima kunjungan turis asing mulai 1 Mei 2022. Para wisatawan internasional dari negara-negara bebas visa, seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang, akan diperbolehkan berkunjung ke Selandia Baru dengan syarat telah divaksinasi secara lengkap.

Bahkan, warga Australia yang sudah divaksinasi lengkap juga diizinkan untuk berkunjung tanpa harus karantina mulai 12 April mendatang. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan siap menyambut dunia kembali mulai bulan depan.

 BACA JUGA: Selandia Baru Buka Perbatasan untuk Turis Asing Mulai 13 April 2022, Ini Syarat Berkunjung

"Kami siap menyambut dunia kembali. Selandia Baru akan siap dengan tangan terbuka," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern, dikutip dari The Guardian, Rabu (23/3/2022).

Langkah ini diambil sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi, setelah menghadapi kasus Covid-19 dan menutup perbatasan sejak 2020.

Ya, negara ini berhasil menghentikan penyebaran virus di dalam negerinya hingga Selandia Baru menerima reputasi sebagai negara sukses dalam menangani Covid-19.

 BACA JUGA: Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Terindah di Dunia, Kalahkan Selandia Baru hingga Prancis

“Ini membawa serta peluang ekonomi yang besar bagi kami. Kami akan menjadi pasar yang dicari. Kami sekarang dikenal secara global tidak hanya bersih dan hijau, tetapi juga aman, jadi kami tahu permintaan kami akan tinggi,” ungkap Ardern.

Pendatang yang divaksinasi tidak lagi harus karantina saat berkunjung, tetapi siapapun yang berusia di atas dua tahun harus tetap melakukan tes COVID-19. Wisatawan nantinya akan mengikuti tes COVID-19 sebelum keberangkatan.

Setelah mendarat di Selandia Baru, mereka akan diberikan tiga tes antigen instant di bandara untuk dibawa pulang. Satu untuk digunakan pada hari pertama kedatangan mereka, satu untuk digunakan pada hari kelima atau keenam, dan satu tambahan tes ketiga sebagai cadangan.

Wisatawan yang hasilnya positif akan diminta untuk melakukan tes PCR di stasiun pengujian komunitas, sehingga Selandia Baru dapat mengawasi setiap varian yang muncul dan mengisolasi kasus sesuai kebutuhan.

 Ilustrasi

Tak hanya itu, para wisatawan juga diwajibkan melakukan vaksinasi secara lengkap, yakni dua dosis tanpa perlu booster lagi. Sementara bagi wisatawan yang tidak divaksinasi sepenuhnya akan diminta menjalani karantina wajib di pusat yang dikelola pemerintah di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini