Share

Karyawan Bandara Mogok Massal, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 406 2566503 karyawan-bandara-mogok-massal-ratusan-penerbangan-dibatalkan-PsBzqONVUe.JPG Penumpang menunggu di Bandara Frankfurt, Jerman di tengah aksi mogok (Foto AP via VOA)

RATUSAN penerbangan dibatalkan di bandara-bandara seluruh Jerman, pada Selasa 22 Maret 2022, ketika para petugas keamanan ikut melakukan aksi pemogokan karena perselisihan mengenai upah.

Pemogokan satu hari yang diserukan oleh serikat buruh Verdi itu, mempengaruhi delapan bandara, termasuk bandara terbesar di negara itu, Frankfurt yang meminta para penumpang jangan datang ke bandara.

Pemogokan itu menandai protes terbaru berturut-turut yang menuntut gaji lebih tinggi untuk sekitar 25.000 pegawai keamanan bandara. Protes terjadi setelah pemogokan peringatan yang menyebabkan gangguan perjalanan pekan lalu.

Bandara Berlin, Brandenburg dan Duesseldorf masing-masing membatalkan sekitar 140 penerbangan, sementara Hamburg membatalkan semua 88 keberangkatan yang direncanakan hari itu.

Bandara Frankfurt menghentikan 118 penerbangan, kata operator Fraport. Bandara Cologne/Bonn, Bremen, Hanover dan Stuttgart juga terdampak.

Serikat pekerja Verdi meminta kenaikan setidaknya satu euro lebih per jam ($ 1,10) untuk pegawai, dan ingin menetapkan gaji secara nasional dalam jumlah yang sama dengan kenaikan gaji hingga 40 persen untuk pekerja di beberapa wilayah.

Tindakan itu dikecam oleh Asosiasi Penerbangan Jerman (BDL), yang mengatakan, tuntutan itu merupakan pukulan lebih lanjut bagi industri yang masih berjuang untuk pulih dari dampak ekonomi pandemi virus corona.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini