Share

8 Negara di Dunia yang Ternyata Banyak Orang Indonesianya, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 408 2566744 8-negara-di-dunia-yang-ternyata-banyak-orang-indonesianya-apa-saja-AvBrd6OPfu.jpg WNI di Belanda (Istimewa)

MERANTAU merupakan hal yang umum dilakukan masyarakat Indonesia. Bukan hanya merantau dengan berpindah kota atau pulau saja, ternyata banyak penduduk Indonesia yang juga merantau ke luar negeri.

Baik itu karena menikah dengan orang asing, menyelesaikan pendidikan, atau bahkan mencari uang. Nah, dirangkum MNC Portal, berikut adalah 8 negara yang ternyata banyak dihuni orang Indonesia.

Australia

Orang Indonesia banyak berdomisili di Australia. Dilihat dari sejarah ternyata sudah banyak para pelaut kita dahulu melakukan penjelajahan di sepanjang garis pantai negeri kangguru itu.

 BACA JUGA: 7 Kota Terkecil di Indonesia, Luasnya Tak Seberapa tapi Padat Penduduk

Di tahun 1.900-an, para pelaut Bugis dengan kapal Phinisi kebanggaannya pernah melakukan pelayaran ke Australia. Aktivitas pelayaran itu dijadikan rutinitas tahunan. Bahkan mereka rela menetap berbulan-bulan di sana.

 Ilustrasi

Sydney, Australia

Dari sinilah yang menyebabkan banyaknya orang Indonesia berada di Australia. Di era modern saat ini juga banyak orang Indonesia hijrah ke Aussie untuk menempuh pendidikan ataupun bekerja.

Belanda

Belanda ialah salah satu negara Eropa yang banyak dihuni orang Indonesia. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Selain dari segi historis, di mana Belanda dulu merupakan penjajah Indonesia, faktor perbaikan ekonomi juga menjadi pendorong orang pribumi pindah ke sana.

Dahulu banyak orang Indonesia tertarik untuk pindah ke negeri kincir angin lantaran melihat tentara kompeni yang hidupnya sangat makmur. Tercatat, lebih kurang 395 ribu jiwa orang Indonesia ada di sana.

 BACA JUGA: 6 Kota Terhijau di Indonesia, Nomor 3 Punya Lebih 229 Ribu Pohon

Uniknya, sebagian besar orang Indonesia di sana adalah warga Maluku. Rata-rata mereka dulu adalah bekas atau keturunan para serdadu Koninklijk Nederlands Indisch Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Hindia Belanda.

Suriname

Masih menyinggung soal penjajahan Belanda di bumi Indonesia. Belanda dulu lama sekali bercokol di bumi nusantara. Selain Indonesia, tentara kolonial itu juga memiliki tanah jajahan di Suriname.

Guna memaksimalkan potensi negara kecil itu, dikirimlah orang-orang Indonesia untuk menjadi buruh tani di sana, yang kebanyakan berasal dari etnis Jawa. Saat itu cukup banyak orang Indonesia oleh Belanda dikirim ke Suriname, yakni sekira 15 persen dari total populasi.

Mereka akhirnya menetap di sana dalam jangka waktu yang lama bahkan masih eksis hingga saat ini. Meski jauh dari tanah kelahirannya, orang-orang Jawa Suriname tetap setia melestarikan budayanya sebagai identitas asal mereka.

Kaledonia Baru

Kaledonia Baru merupakan negeri jajahan Perancis yang terletak di sebelah timur Australia atau di sebelah utara Selandia Baru. Negara ini sebagian kecil dari warganya adalah keturunan Indonesia, khususnya orang Jawa.

Ceritanya, dahulu orang-orang Belanda menjalin kerja sama dengan Perancis dalam hal ekonomi. Suatu ketika Perancis membutuhkan banyak pekerja untuk memberdayakan tanah di Kaledonia Baru. Belanda lalu memenuhi permintaan tersebut dengan mulai mengirimkan orang-orang Jawa ke sana.

Alhasil, hingga kini orang Jawa di sana masih eksis sama halnya di Suriname. Mereka bahkan menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari mereka.

Malaysia

Malaysia menjadi negara yang paling banyak ditinggali orang Indonesia. Diperkirakan ada sekitar 2,5 juta saudara kita berada di sana. Dominan dari mereka ialah pekerja. Meski begitu, ada juga Namun, faktor historis yang menjadi alasan mengapa jumlah mereka begitu banyak di sana.

Sejarah mencatat, ada beberapa kejadian penyebab perpindahan orang pribumi ke Malaysia. Di antaranya perpindahan orang-orang Bugis, Jawa dan lainnya ke wilayah Kesultanan Malaka dengan tujuan berdagang. Arus perdagangan di jalur Malaka dahulu begitu kuat sehingga menarik minat para orang Indonesia untuk berdagang.

Selain berlatar perniagaan, ada pula alasan untuk menyelamatkan diri sehingga berpindah ke Malaysia. Seperti yang dilakukan orang-orang Mandailing dan Minangkabau yang menghindari konflik Perang Paderi.

 Ilustrasi

Hong Kong

Bukan berita baru jika Hong Kong merupakan negara tujuan bagi para TKI di Indonesia. Ada sekitar 102.100 WNI yang menetap di Hong Kong untuk bekerja. Ada juga yang datang ke negara ini untuk menempuh pendidikan lanjut.

Arab Saudi

Sekitar 1,5 juta warga negara Indonesia menetap di Arab Saudi untuk bekerja. Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, tentu ada banyak rakyat Indonesia yang memutuskan menetap dan mencari peruntungan negeri ini.

Taiwan

Seperti Arab Saudi, Taiwan merupakan negara yang menjadi tujuan utama perantau dari Indonesia yang hendak mengadu nasib dengan berprofesi sebagai pekerja migran. Di negara ini, ada kurang lebih 161 orang WNI yang mengais rezeki di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini