Share

Indahnya 15 Bunga Rafflesia Mekar di Batang Palupuh Agam Selama 2022

Antara, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 549 2566252 indahnya-15-bunga-rafflesia-mekar-di-batang-palupuh-agam-selama-2022-AjK0rpnrvu.jpg Bunga Rafflesia (dok Freepik)

SEBANYAK 15 bunga Rafflesia jenis Arnoldi mekar sempurna di kawasan hutan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat selama Januari sampai 14 Maret 2022.

Pemandu wisata Batang Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung mengatakan bunga Raflesia itu mekar dalam tiga bulan terakhir dan 15 hari lalu ada tujuh bunga mekar secara bersamaan.

"Saat ini ada satu bunga Rafflesia yang sedang mekar sempurna," katanya.

Di Batang Palupuh masih banyak knop bunga Rafflesia tersebut yang bakal mekar beberapa bulan ke depan.

infografis

Lokasi itu menjadi kunjungan wisatawan mancanegara untuk melihat secara dekat bunga yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Namun, semenjak pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara berkurang dan hanya dikunjungi wisatawan mancanegara yang berdomisili di Indonesia.

"Saat ini kunjungan paling banyak berasal dari wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang datang hanya berdomisili di Indonesia, tetapi jumlah tidak banyak," katanya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sementara Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Maninjau, Ade Putra menambahkan pihaknya akan mencoba untuk mendata kembali pengelolaan kawasan Cagar Alam Batang Palupuh.

Tahap awal, pihaknya bakal mendatapopulasi bunga langka itu di kawasan seluas 3,4 hektare tersebut.

"Kita bakal mendata berapa jumlah populasi dan sebarannya, dengan tujuan untuk dapat memonitor, memantau perkembangan, pertumbuhan dan kapan mekarnya," katanya.

Di Agam terdapat 14 titik sebaran populasi tumbuhan bunga Rafflesia yang tersebar di Kecamatan Palupuh, Tanjung Raya, Matur, Palembayan, Baso, Malalak, Kamang Magek, dan Tilatang Kamang.

Sementara di Sumbar, data terakhir terdapat 36 lokasi sebaran populasi bunga Rafflesia yang tersebar di 14 kabupaten/kota yakni, Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Solok, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Padang, Padang Panjang dan lainnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini