Share

Kawasan Puncak Bogor Dijadikan 'Senjata' Pulihkan Angka Kunjungan Wisata

Antara, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 406 2566917 kawasan-puncak-bogor-dijadikan-senjata-pulihkan-angka-kunjungan-wisata-PpoIB9DXan.jpg Ilustrasi traveling (dok Freepik)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menjadikan Kawasan Puncak sebagai 'senjata' untuk memulihkan angka kunjungan wisata yang sempat anjlok akibat pandemi covid-19.

"Berbagai upaya telah kami lakukan untuk menjadikan Kawasan Puncak sebagai kawasan wisata yang ramah, aman, nyaman dan berkelanjutan semoga bisa terwujud dengan baik," kata Bupati Bogor, Ade Yasin, dalam webinar yang digelar oleh Universitas Djuanda (Unida) di Cibinong.

Ade menjelaskan sebelum pandemi, pada tahun 2019 angka kunjungan wisata di Kabupaten Bogor mencapai 9,7 juta pengunjung. Kemudian anjlok pada tahun 2020 menjadi 5,1 juta pengunjung.

infografis

Namun angkanya kembali naik meski belum sepenuhnya pulih, yakni 6,4 juta pengunjung di tahun 2021.

Ade Yasin mengaku bertekad memulihkan angka kunjungan wisata karena memberikan kontribusi cukup signifikan pada pendapatan asli daerah (PAD), yaitu sebesar Rp282 miliar atau 7,61 persen dari PAD tahun 2021 yang senilai Rp3,7 triliun.

Ia menyebutkan sektor pariwisata diharapkan menyerap banyak tenaga kerja serta mendongkrak pendapatan daerah, sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bogor.

"Kabupaten Bogor ini daerah yang berdekatan dengan ibu kota negara dan berbatasan langsung dengan 10 kabupaten/kota dan dua provinsi yang dikelilingi sekitar 70 juta populasi, sehingga potensi wisata Puncak ini sangat besar, bahkan kawasan Puncak menjadi wisata favorit warga Jabodetabek," jelasnya.

Menurutnya Pemkab Bogor juga sedang memperbanyak desa wisata melalui program Karsa Bogor Maju. Jumlah desa wisata yang semula ada 25 desa pada tahun 2019, kemudian bertambah jadi 35 desa wisata pada tahun 2020, dan menjadi 40 desa wisata pada tahun 2021.

Di samping itu, Pemkab Bogor juga mengandalkan tagline Sport and Tourism langkah untuk meningkatkan prestasi olahraga dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan mengoptimalkan potensi olahraga dan sektor pariwisata.

"Program ini dilakukan dengan mengembangkan mengembangkan sarana olahraga, menambah fasilitas olahraga di tempat umum, membangun replika Cabang Olahraga sebagai identitas kota, menyelenggarakan event-event pendukung pariwisata," ujar Ade Yasin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini