Share

Asyik! Rusia Buka Lagi Layanan Visa bagi Pelancong Indonesia

Antara, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 406 2566979 asyik-rusia-buka-lagi-layanan-visa-bagi-pelancong-indonesia-Gt7j5qR39m.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH Rusia kembali membuka layanan pembuatan visa bagi para pelaku perjalanan asal Indonesia, usai sebelumnya layanan tersebut ditutup selama dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva saat dikonfirmasi soal keamanan Rusia bagi para pengunjung asing terkait operasi militer yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina dan ketegangan yang terjadi di kawasan.

“Rusia sangatlah aman. Bahkan, ada berita baik, kami kembali memberikan berbagai macam visa bagi warga negara Indonesia, yang sebelumnya sempat terhenti akibat Covid-19 selama dua tahun,” ujar Vorobieva.

Dikatakannya, dalam dua tahun terakhir, layanan visa hanya diberikan untuk kasus-kasus tertentu, termasuk bagi delegasi resmi, kasus kemanusiaan, maupun undangan. Namun, kini visa umum bagi para WNI yang hendak berkunjung ke Rusia juga telah dapat diberikan.

Adapun terkait penerbangan, menurut dia, saat ini terdapat sejumlah perusahaan Rusia yang mengajukan adanya penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar, Bali, salah satu destinasi wisata di Tanah Air yang menjadi favorit warga Rusia.

Saat ini, pihaknya tengah mempertimbangkan hal tersebut dengan pihak-pihak terkait lainnya.

“Sebelumnya, ada (penerbangan langsung) pada 2019 sebelum (pandemi) Covid-19. Ada tiga penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar yang kemudian dihentikan karena Covid-19. Saat ini kami tengah berdiskusi dengan otoritas Indonesia untuk melanjutkan penerbangan,” demikian Vorobieva.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini