Share

Uniknya Kereta di Korea, Jalan Sendiri Tanpa Masinis

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 406 2567304 uniknya-kereta-di-korea-jalan-sendiri-tanpa-masinis-As36mD5EGm.jpg Seoul Metropolitan Subway (railway-teachnology.com)

KERETA merupakan salah satu moda transportasi yang digemari banyak orang. Pasalnya, naik kereta dipercaya dapat menghemat waktu perjalanan. Maklum, kereta memang tidak pernah berhenti di lampu merah seperti kendaraan darat lainnya.

Alat transportasi yang memiliki rangkaian gerbong ini memang hanya berhenti di setiap stasiun. Kereta juga anti macet. Juga, kecepatan kereta umumnya lebih tinggi dari kendaraan bermotor.

 BACA JUGA: Alasan Banyak Wanita Terbang ke Korea Selatan untuk Berburu Cinta

Kereta biasanya dioperasikan oleh seorang masinis. Masinis biasanya berada pada gerbong paling depan dan mengemudikan kereta di sepanjang perjalanannya.

Namun, beda halnya kalau kamu ke Korea. Karena di Korea Selatan, kereta tidak lagi menggunakan masinis di sepanjang perjalanannya. Seperti sebuah pengguna TikTok dengan username @ve_aja yang membagikan pengalamannya saat naik kereta di Korea, ia terheran-heran karena tidak ada masinis di rangkaian tersebut.

 Ilustrasi

"Kereta di Korea kok nggak ada masinisnya bisa jalan sendiri yaaa..." tulis pengguna TikTok tersebut dalam sebuah video yang diunggahnya.

Rupanya, beberapa saat kemudian ia menjelaskan kalau kereta sudah diatur secara otomatis kapan ia harus jalan dan juga berhenti. Nah, pengaturan ini masih dilakukan oleh seorang masinis.

 BACA JUGA: 6 Tempat Wisata di Pandeglang, Pesonanya Memanjakan Mata

"Ternyata sudah otomatis diatur dan di setting setiap jalan dan pemberhentiannya," pengguna TikTok itu menjelaskan.

"Kebetulan masinisnya yang bertugas cewek cantik kan, dan duduknya di kursi penumpang karena nggak ada kursi khusus masinis," sambungnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Melihat video yang cukup unik tersebut, warganet pun mengomentari unggahan pengguna TikTok itu. Bahkan, ada juga warganet yang mengatakan bahwa hal seperti itu tidak hanya terjadi di Korea saja.

"Kayanya memang sudah rata-rata gitu deh. Soalnya gue naik MRT di Singapura juga sama kaya gitu. Keretanya nggak ada masinis," ungkap @risma***.

 Ilustrasi

"Keren ya canggih banget," kata @citra***.

"Di Taiwan juga ada kereta yang nggak ada masinisnya," tukas @kim***.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini