Share

Inilah 9 Negara Pemilik Nuklir Terbanyak di Dunia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 408 2568164 inilah-9-negara-pemilik-nuklir-terbanyak-di-dunia-37BcyzxRk7.jpg Rusia termasuk negara yang punya banyak senjata nuklir (Reuters)

9 NEGARA pemilik nuklir terbanyak di dunia menarik untuk dikupas. Senjata nuklir kini menjadi bahan pembahasan dibeberapa negara. Hal ini adalah dampak dari invasi Rusia ke Ukraina, dimana Presiden Rusia meminta pasukannya untuk mempersiapkan senjata nuklir dengan status waspada tinggi.

Okezone melansir dari laman armscontrol.org, pada tahun 2021 diestimasikan terdapat 13.080 senjata nuklir, dan lebih dari 90 persennya dikuasai oleh negara Rusia dan Amerika.

Sebagai informasi, menurut Wikipedia, senjata nuklir atau bom atom merupakan sebuah senjata yang dapat mengakibatkan pemusnahan masal karena memiliki daya ledak yang sangat tinggi.

 BACA JUGA: 5 Negara Produsen Narkoba Terbesar di Dunia, Nomor 4 Tetangga Indonesia yang Bikin Geleng Kepala

Ada beberapa negara yang telah terkonfirmasi memiliki senjata nuklir sebagai salah satu alat pertahanan negara. Berikut adalah 9 negara pemilik nuklir terbanyak di dunia.

9 Negara Pemilik Nuklir Terbanyak Di Dunia

Mengutip dari laman armscontrol.org, berikut adalah negara pemilik nuklik terbanyak di dunia diurutkan dari yang paling banyak:

1. Rusia

Federasi Ilmuan Ameria (FAS) memperikakan terdapat sekitar 4.497 unit hulu ledak nuklir yang tersimpan di gudang senjata militer Rusia, dan sekitar 1.760 unit tambahan yang disembunyikan.

Ilustrasi

Nuklir Rusia

2. Amerika Serikat

Pada tanggal 5 Oktober 2021, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mendeklarasikan bahwa jumlah hulu ledak nuklir yang dimilliki Amerika Serikat total ada 3.750 unit yang aktif maupun yang tidak aktif. FAS juga memprediksi adanya 1.750 hulu ledak yang disembunyikan. Total, AS memiliki 5.550 hulu ledak nuklir.

3. China 

Tahun 2020 lalu, Departemen Pertahanan Amerika Serikan memprediksi bahawa negara Cina memiliki persediaan hulu ledak nuklir sebanyak 350 unit.

4. Prancis 

Negara Prancis diperkirakan memiliki 290 total hulu ledak nuklir.

5. Inggris 

Negara di bawah kepemimpinan Ratu Elizabeth ini diperkirakan memiliki sejumlah 225 unit hulu ledak nuklir.

6. Pakistan 

Negara Pakistan diperkirakan memiliki 165 unit hulu ledak nuklir.

7. India

Negara India diperkirakan memiliki 156 unit hulu ledak nuklir.

8. Israel

Negara Israel diperkirakan memiliki 90 unit hulu ledak nuklir.

Ilustrasi

9. Korea Utara

Negara pimpinan Kim Jong Un ini diperkirakan memiliki 40 hingga 50 unit hulu ledak nuklir.

Demikian informasi yang dapat Okezone sampaikan mengenai 9 negara pemilik nuklir terbanyak di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini