Share

13 Makanan Khas Banten, Rasanya Bikin Ketagihan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 301 2568525 13-makanan-khas-banten-rasanya-bikin-ketagihan-G6OXrOHyyx.jpg Kue Jojorong Khas Banten

MAKANAN khas Banten selalu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. 

Tak sekadar penampilannya yang menarik, makanan khas Banten menyajikan cita rasa yang bikin ketagihan. 

Berikut daftar makanan khas Banten dirangkum Okezone:

1. Pecak Bandeng

Bagi Anda pencinta pedas, mungkin menu pecak bandeng sangat cocok di lidah Anda. Pecak bandeng merupakan makanan tradisional yang sudah dikembangkan oleh masyarakat Banten sejak dulu. Sambal yang mengguyur badan bandeng ini membuat perut semakin keroncongan. sudah banyak tempat makan yang menyediakan pecak bandeng, biasanya tempat makan itu bertemakan persawahan atau semacam pondok yang terbuat dari rotan.

2. Gecom

Menu makanan ketiga ini namanya sangat unik yaitu gecom. Gecom merupakan singkatan dari taoge dan oncom. Toge dan oncom ditumis menjadi satu menggunakan rempah khas Indonesia, sehingga memiliki cita rasa yang sangat lezat. Gecom juga salah satu makanan paling favorit di Banten.

3. Laksa Tangerang

. Biasanya Laksa ini dijual di gerobak sederhana, satu porsinya terdiri dari mi putih yang disiram dengan kuah, irisan daging ayam, dan telur rebus. Cita rasa pada laksa Tangerang terbilang sangat unik, keunikannya membawa kesuksesan dalam memikat para pengunjung untuk mencicipi makanan ini.

4.Kue Jojorong

Kue jojorong merupakan kue dengan ciri khas lumer dan lembut. Makanan ini biasanya dijual di pasar tradisional. Kue ini sama seperti dengan bubur sumsum yang membedakannya hanya kepadatannya saja serta kemasan yang dipakai. Kemasan pada kue jojorong adalah daun pisang sehingga memiliki cita rasa tersendiri.

infografis

5. Sate Bandeng

Konon, makanan ini merupakan ide dari Sultan Banten yang ingin meyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Saking lezatnya, sate bandeng dapat disantap langsung dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya.

6. Nasi Sumsum

Hidangan yang satu ini merupakan primadona yang sangat digemari warga Banten. Sebelum dibakar, nasi dicampur dengan bumbu yang telah ditumbuk sehingga menyatu dalam nasi. Nasi kemudian dihiasi irisan timun dan tomat, lalu disantap dengan pilihan lauk seperti sate lidah kerbau dan otak-otak. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih bisa ditemukan di beberapa rumah makan di Serang.

7. Nasi Belut

Belut merupakan salah satu makanan favorit warga Banteng. Biasanya, mereka mengolah belut dengan cara dibersihkan terlebih dahulu, diambil jeroannya, lalu dikeprek sehingga tulangnya empuk. Belut ini kemudian dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu, lalu didiamkan sebentar sebelum digoreng.

8. Kue Cucur

Kue yang terbuat dari bahan dasar gula merah dan tepung beras ini biasa disajikan untuk acara-acara pernikahan, acara keluarga, bahkan menjadi camilan sehari-hari.

infografis

9. Pasung Merah

Kue Pasung terbuat dari tepung beras, hanya saja kue ini terdiri dari dua adonan. Yang pertama ada campuran tepung beras dan gula aren/merah. Kemudian adonan kedua adalah tepung sagu dan santan untuk membuatnya jadi kenyal.

10. Balok Menes

Kue Balok adalah sejenis makanan yang terbuat dari singkong, berbentuk segi empat dan berwarna putih. Teksturnya lembek dan kenyal bila sudah berada di mulut.

11. Opak

Opak juga bisa terbuat dari tepung beras ketan atau tepung tapioka. Makanan satu ini cocok sekali untuk dijadikan camilan keluarga.

12. Gipang

Gipang juga menjadi salah satu kudapan khas Banten yang wajib dicoba. Makanan satu ini juga kerap dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke kota Serang, Banten.

13.Angeun Lada

Angeun lada merupakan makanan Khas Banten termasuk yang sering dijadikan menu saat merayakan hari-hari besar. Angeun artinya sayur dan lada artinya adalah pedas yang jadi makanan paling enak untuk dicicipi

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini