Share

Dear Traveler, Jangan Lupa Foto Kompor Sebelum Pergi Jalan-Jalan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 406 2568882 dear-traveler-jangan-lupa-foto-kompor-sebelum-pergi-jalan-jalan-w93Y47AXey.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

AGAR liburan berjalan aman dan lancar, sebaiknya traveler tak lupa mengambil foto kompor sebelum pergi.

Melansir Travel and Leisure, mengambil foto merupakan salah satu cara efektif untuk otak daripada mencoba mengingat-ingat kembali guna memastikan apakah kompor dan peralatan listrik lainnya sudah aman ditinggalkan.

Hal ini juga bisa diterapkan saat mengunci pintu, pagar, garasi dan lainnya yang bertujuan meminimalisasi segala peristiwa merugikan.

Bahkan, cara efektif itu dibuktikan dalam sebuah studi pada 2015 yang dilansir Psychology Today.

infografis

Berdasarkan penelitian, para mahasiswa mematikan kompor, lalu berulang kali memeriksa untuk memastikan kompor sudah benar-benar mati.

Peneliti kemudian bertanya kepada para mahasiswa apakah kompor sudah dimatikan, kemudian bertanya seberapa yakin mereka bahwa kompornya benar-benar sudah dimatikan.

Sejumlah mahasiswa yang memeriksa kompor 10-15 kali mengingat dengan benar bahwa kompornya sudah mati.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Namun sayangnya, ingatan mereka tentang mematikan kompor ternyata tidak lagi jelas dan mereka menjadi kurang percaya diri dengan ingatannya sendiri.

Psikolog Adam Radomsky yang melakukan penelitian tersebut mengatakan, semakin sering seseorang memeriksa, semakin tidak percaya diri seseorang terhadap apa yang diperiksanya.

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa setelah melakukan pemeriksaan bahkan setelah hanya dua kali, kepercayaan diri dalam ingatan seseorang akan terpengaruh."

"Semakin banyak seseorang memeriksa (baik pemeriksaan fisik atau dalam pikiran), orang tersebut akan semakin tidak percaya diri dengan ingatannya," ujar Radomsky.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, ketika seseorang tidak yakin dengan ingatannya, maka orang tersebut cenderung bakal mencemaskan hal tersebut, dalam hal ini kompor.

Seiring waktu, kecemasan tersebut dapat berkembang jika kebiasaan ini terus dilakukan.

"Jika memeriksa (kompor) beberapa kali saat pergi mungkin jarang dilakukan, itu tak jadi masalah. Tapi jika kita melakukannya setiap mau bepergian, saya tidak merekomendasikannya sebagai strategi," tegasnya.

Bagi orang-orang tersebut, memotret kompor bisa membantu mengurangi kecemasan. Kendati demikian, tidak ada metode yang berlaku bagi semua orang.

Apabila cara ini berlaku untuk mengurangi kecemasanmu saat hendak bepergian, tak ada salahnya untuk mencoba.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini