Share

Jelajah Desa Wisata di Balik Pesona Candi Borobudur

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 25 2569873 jelajah-desa-wisata-di-balik-pesona-candi-borobudur-VqEauzaKOF.jpg Tampak atas candi Borobudur, salah satu dari keajaiban dunia yang menawarkan nuansa mistis-eksotis namun juga ramah bagi siapa saja yang mengunjunginya./( Foto: Barry Kusuma)

LIBURAN  ke Magelang di Jawa Tengah, destinasi yang wajib dikunjungi pastilah Candi Borobudur. Ratusan stupa yang berjajar melingkar dengan ratusan anak tangga sungguh menarik. Arca Buddha dan ornamen yang terukir di sepanjang dinding batu candi membuat decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Apalagi jika kita datang ke Candi Borobudur saat fajar atau senja, pemandangan indah tersaji di depan mata.

Namun, tak hanya Candi Borobudur yang jadi daya pikat Magelang. Di sekitaran candi, Anda pun bisa mengunjungi desa-desa wisata yang istimewa. Cari tahu informasi tentang atraksi dan kuliner desa wisata di seputaran Magelang, dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok: @pesonaindonesia. Anda bisa ikuti pula Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk mendapatkan merchandise Wonderful Indonesia dan hadiah uang tunai bagi Anda yang beruntung.

Berikut pesona desa wisata yang ada di Magelang untuk inspirasi liburan Anda:

Desa Wanurejo

 

Tour Andong Tilik Ndeso, berkeliling sambil menikmati pemandangan sawah dan latar belakang Candi Borobudur (Foto: Wonderfulimage.id/Masday)

Desa yang berlokasi sekitar 2 kilometer dari Candi Borobudur ini beken karena pemandangannya sangat indah. Bayangkan saja, latar Desa Wanurejo adalah perbukitan Menoreh yang hijau menjulang. Pemandangan Candi Borobudur pun bisa lihat dari kejauhan dari Desa Wanurejo.

Lokasinya yang berdekatan dengan Sungai Progo, Sungai Elo, dan Sungai Silaeng membuat kunjungan ke Desa Wanurejo menjadi petualangan seru. Anda bisa menjelajahi Desa Wanurejo yang cantik dan asri dengan bersepeda atau naik andong. Ya, tersedia penyewaan sepeda di Desa Wanurejo dengan harga yang cukup terjangkau.

Ketika berlibur ke Desa Wanurejo, kunjungilah Museum Wayang. Anda bisa menyaksikan budaya wayang khas asli Indonesia di sini. Terdapat pula ratusan buku tentang pewayangan dalam berbagai bahasa dan puluhan rekaman pertunjukan wayang.

Di Desa Wanurejo juga terdapat destinasi wisata menarik lainnya. Misalnya,Candi Pawon, Sendang Lanang, dan Sendang Wadon. Sendang adalah semacam lokasi sumber air yang biasanya ditemukan di kaki pegunungan atau perbukitan.

Desa Majaksingi

Masih berdekatan dengan Candi Borobudur, Anda juga bisa menemukan Desa Majaksingi. Di desa ini, Anda bisa bersepeda berkeliling desa sambal menikmati panorama yang indah dan udara yang segar.

 

Hasil kerajinan gerabah (Foto: Wonderfulimage.id/Azhari Setiawan)

Sempatkan diri mengunjungi sentra industri pembuatan kerajinan dari gerabah atau ukir-ukiran kayu. Bahkan, Anda juga bisa mencoba belajar membuat hasta karya sendiri. Masyarakat setempat yang ramah akan dengan senang hati mengajarkannya pada Anda.

Jika Anda penggemar kopi, jangan lewatkan untuk #BeliKreatifLokal berupa kopi asli khas Magelang. Anda bisa mendapatkan kopi Jawa di Desa Majaksingi.

Desa Tanjungsari

Lokasi desa Tanjungsari tidak seberapa jauh dari Desa Majaksingi. Desa ini juga mempunyai pemandangan perbukitan Menoreh yang cantik dan mudah dijangkau dari kawasan Candi Borobudur.

Anda bisa menyaksikan pertunjukan kesenian lokal di Desa Tanjungsari atau mencoba berjalan-jalan di sekitar area pertanian cabai dan tembakau sambil menikmati udara sejuk. Masyarakat setempat juga menyediakan sejumlah homestay yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap dan dikelola secara swadaya.

Desa Candirejo

 

Pemandangan salah satu desa wisata di seputar Magelang, tak begitu jauh dari Candi Borobudur. (Foto: Barry Kusuma)

 

Tidak kalah sejuk dan asri adalah Desa Candirejo. Suasana khas pedesaan berupa lahan pertanian membentang elok akan menjadi pemandangan utama ketika Anda berkunjung ke desa ini. Suasana desa yang asri membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman.

Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Desa Candirejo adalah arung jeram atau rafting. Anak Sungai Progo yang mengalir di Kawasan Candirejo menghadirkan sungai yang memiliki arus cukup deras dan menantang.

Namun, jika Anda kurang tertarik dengan arung jeram, menyusuri kawasan sekitar sungai pun tidak kalah menyenangkan. Suasana air sungai yang gemericik sungguh mampu menenangkan pikiran.

Sebenarnya masih ada sejumlah desa wisata lain disekitar Candi Borobudur yang menarik untuk dijelajahi. Perkembangan desa wisata pun semakin baik berkat digelarnya Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Setiap desa wisata Indonesia dapat berkompetisi untuk menjadi salah satu desa wisata terbaik di antara 7 kategori.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, Pemerintah saat ini memang tengah mengembangkan desa wisata. Desa wisata ini juga merupakan bagian dari pengembangan ecotourism yang menjadi salah satu tren wisata belakangan ini. Selain itu,

pentingnya peran pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pengembangan desa wisata. Produk dan layanan dihasilkan akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan yang berkunjung ke desa wisata tersebut. Tidak hanya itu, wisatawan yang #BeliKreatifLokal dari desa wisata akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi di sekitarnya. Hal senada disampaikan Menparekraf saat mengunjungi Pameran UMKM di Pantai Bebas Parapat Danau Toba, Sumut pada Selasa (22/03/2022), Sandiaga mengungkapkan bahwa UMKM telah membuktikan dapat membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Tatanan ekonomi baru dipastikan akan berpihak pada UMKM. Sandiaga mengimbau pelaku UMKM melakukan adaptasi dan inovasi terhadap produk kreatif untuk mengikuti perkembangan market (pasar) yang baru. Dengan cara memanfaatkan platform digital atau media sosial untuk strategi marketing pelaku UMKM.

“Ini membuktikan bahwa kebangkitan ekonomi ditopang oleh UMKM, karena (melalui) UMKM tercipta 97 persen lapangan kerja. Dan lapangan kerja itulah kita ciptakan geliat ekonomi,” ujarnya.

Selama berlibur meskipun sudah vaksin jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama agar liburan Anda sehat, aman dan nyaman.

 (CM)

(Wid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini