Share

Catat! Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Penumpang Setelah Pesawat Mendarat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 406 2569850 catat-hal-hal-yang-perlu-dilakukan-penumpang-setelah-pesawat-mendarat-TQ2f4l113G.jpg Ilustrasi pesawat mendarat (Shutterstock)

BAIK itu perjalanan regional atau jarak jauh internasional, turun dari pesawat selalu terasa sangat melegakan. Setelah Anda mengumpulkan tas dan kembali ke jalur jet, Anda dapat dengan mudah terjebak dalam kegembiraan tujuan baru Anda atau rutinitas menetap di rumah.

Namun menurut pramugari, ada beberapa hal yang harus selalu ada dalam daftar tugas setelah kedatangan Anda.

Melansir laman Bestlife Online, berikut adalah apa yang tidak boleh Anda lupakan setelah penerbangan Anda mendarat.

Dapatkan sinar matahari dan habiskan waktu di ruang terbuka hijau setelah Anda mendarat

Begitu Anda tiba di tempat tujuan dan menetap, insting pertama Anda mungkin adalah mengambil kamera untuk melihat pemandangan. Di sisi lain, Anda juga bisa minum kopi untuk melepas lelah dan pening selama berada di pesawat.

 BACA JUGA: Tips dari Pramugari, Ini 5 Cara Ampuh Usir Rasa Takut Naik Pesawat

Alih-alih berbaring untuk tidur siang, cobalah menghabiskan waktu di luar ruangan untuk menyegarkan indra Anda dan menghilangkan efek berjam-jam yang dihabiskan di dalam ruang terbatas, kata pramugari kepada situs web gaya hidup The Travel.

Jika Anda tinggal di kota, atap hotel, balkon, atau teras luar ruangan dapat memberikan udara segar yang Anda butuhkan untuk menjernihkan pikiran. Tetapi jika Anda menginginkannya, jalan ke pantai atau taman terdekat dapat menyegarkan kembali tubuh Anda dan memungkinkan Anda menyerap vitamin D yang sangat dibutuhkan dari sinar matahari.

 

Paparan sinar matahari alami dapat membantu Anda mengatasi jet lag

Menyesuaikan jam internal Anda ketika Anda mendarat atau bahkan hanya membuat diri Anda merasa lebih waspada, bisa jauh lebih mudah jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari di tempat tujuan Anda untuk membantu mengubah ritme sirkadian tubuh Anda.

 BACA JUGA: 3 Hal yang Dilakukan Pramugari Terhadap Penumpang yang Tidak Disukai

"Jam internal tubuh Anda dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, di antara faktor-faktor lain," jelas Mayo Clinic. "Ketika Anda bepergian melintasi zona waktu, tubuh Anda harus menyesuaikan diri dengan jadwal siang hari yang baru dan mengatur ulang, memungkinkan Anda untuk tertidur dan bangun pada waktu yang tepat."

Penelitian telah menunjukkan bahwa bersikap proaktif tentang jet lag dapat memiliki efek yang signifikan. Menurut sebuah penelitian dari Rush University Medical Center di Chicago, paparan cahaya selama tiga hari di pagi hari dapat mengubah ritme siklus tidur partisipan rata-rata 2,1 jam, lapor Scientific American.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ada strategi yang berbeda tergantung pada arah mana Anda bepergian

Meskipun waktu di luar ruangan setelah kedatangan dapat menjadi pembuka mata yang mengubah permainan bagi para pelancong yang lelah, Anda tetap harus merencanakannya dengan tepat.

Itu karena para ahli memperingatkan arah perjalanan Anda dapat membuat perbedaan dalam waktu yang optimal untuk paparan sinar matahari atau bahkan menghindari jenis cahaya terang yang merangsang otak.

"Jika Anda pergi ke timur, melintasi kurang dari enam zona waktu, Anda ingin memaparkan diri Anda pada cahaya pagi di tempat tujuan," Steven Brass, MD, ahli saraf yang berbasis di California yang berspesialisasi dalam pengobatan tidur.

"Dalam perjalanan itu, jika Anda tiba di malam hari, jangan biarkan diri Anda terkena cahaya terang di malam hari. Saat Anda pergi ke barat, melintasi kurang dari enam zona waktu, Anda menginginkan paparan cahaya sore yang berarti Anda nongkrong di luar, sebanyak mungkin," sambungnya.

 Ilustrasi

Olahraga

Jika Anda terbiasa meningkatkan detak jantung, para ahli mengatakan bahwa berolahraga setelah Anda mendarat juga dapat membantu Anda merasa segar kembali.

Saat menggunakan pusat kebugaran hotel Anda atau membeli tiket harian ke tempat terdekat adalah sebuah pilihan, aktivitas di luar ruangan seperti berlari, jalan cepat, tenis, atau golf juga dapat membantu.

"Meskipun olahraga itu sendiri tidak membantu jet lag, itu membantu meningkatkan kualitas tidur dan menyediakan energi, dua hal yang diderita ketika Anda jet-lag," Amy Shapiro, ahli diet dan pendiri Real Nutrition.

Selain itu, meniru rutinitas yang sama dari rumah membantu secara keseluruhan, jadi jika Anda berolahraga pukul 8 pagi di rumah, cobalah berolahraga pukul 8 pagi di lokasi baru Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini