Share

5 Tips Traveling saat Ramadhan Tanpa Perlu Batalkan Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 406 2569899 5-tips-traveling-saat-ramadhan-tanpa-perlu-batalkan-puasa-ddxXCrqXkb.jpg Ilustrasi (Freepik)

PUASA bukan alasan untuk bermalas-malasan. Meski berpuasa, Anda tetap bisa melakukan beberapa aktivitas termasuk traveling di bulan Ramadhan. Tapi bagaimana caranya agar tetap berpuasa saat liburan?

Melansir dari Alinear, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin traveling di bulan puasa. Supaya perjalanan tetap menyenangkan tanpa harus membatalkan puasa Anda.

Pilih Destinasi Bercuaca Dingin

Jika Anda ingin berwisata sambil berpuasa, perhatikan destinasi wisata yang akan Anda pilih. Sebaiknya pilih objek wisata yang dingin seperti hutan atau air terjun yang mudah dijangkau.


Jika Anda mengunjungi tempat wisata yang cenderung panas, akan membuat tubuh Anda cepat merasa haus dan lelah.

Mudah Dijangkau

Selain memilih destinasi wisata yang dingin, perhatikan juga akses jalan menuju tempat tersebut. Pilih tempat wisata yang tidak membutuhkan usaha berat untuk mencapainya. Meski udaranya dingin, masih akan sulit jika harus berjalan jauh.

 

Oleh karena itu, pilihlah tempat wisata yang dekat dengan area parkir, sehingga Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh. Anda juga bisa memilih tempat yang menyediakan sarana transportasi menuju lokasi wisata yang Anda tuju.

Lebih Baik Pergi Pagi atau Sore

Hal lain yang juga harus Anda pertimbangkan jika ingin bepergian saat berpuasa adalah waktu mulai Anda. Pagi hari setelah sholat subuh adalah waktu yang paling tepat untuk memulai perjalanan Anda, karena selain udara masih dingin dan matahari belum terbit, Anda juga masih punya banyak tenaga.

 BACA JUGA: Pesona Masjid Cut Meutia, Cagar Budaya dan Wisata Religi yang Tak Pernah Sepi

Jika Anda berangkat pada siang hari dan melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor, cuaca sangat panas dan Anda akan mudah merasa haus. Sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan karena cuaca tidak terlalu panas.

ika memulai perjalanan sore hari sebaiknya membawa makanan atau minuman untuk mengantisipasi jika masih dalam perjalanan saat waktu berbuka puasa dan tidak menemukan penjual makanan atau minuman.

Fokus Mengemudi

Salah satu kendala yang biasanya dialami oleh mereka yang melakukan perjalanan saat berpuasa adalah rasa kantuk. Jika di hari biasa rasa ngantuk bisa diatasi dengan minum kopi, tentu tidak bisa dilakukan saat berpuasa.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga fokus saat berkendara. Jika Anda mulai mengantuk, lebih baik istirahat dan jangan memaksakan diri.

 Ilustrasi

Jangan Tinggalkan Ibadahmu

Meski sedang dalam perjalanan, namun sholat lima waktu tidak boleh dilupakan. Saat mendengarkan azan, segera mampir ke masjid atau musala terdekat untuk sholat, termasuk sholat tarawih dan tadarus. Sehingga perjalanan Anda akan lebih nyaman dan ibadah Anda tetap terpenuhi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini