Share

5 Kota di Dunia yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan saat Ramadhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 408 2569886 5-kota-di-dunia-yang-cocok-dijadikan-destinasi-liburan-saat-ramadhan-GEjWRLYMVE.jpg Istanbul, Turki salah satu kota yang cocok dikunjungi saat Ramadhan (Freepik)

JATUH pada bulan kesembilan tahun Islam, bulan spiritual Ramadhan berfungsi sebagai kesempatan bagi umat Islam untuk menyucikan jiwa mereka dan meningkatkan hubungan mereka dengan Allah. Dan bepergian ke tempat-tempat ini akan membantu Anda melakukan hal itu!

Budaya dan tradisi yang kaya yang dipraktikkan selama Ramadhan akan sepenuhnya membenamkan Anda dalam keindahan bulan yang diberkahi. Anda juga akan merasakan atmosfer Ramadhan karena biasanya di negara-negara Islam, jam buka toko dan restoran dapat berubah secara dramatis selama bulan Ramadhan.

 BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Religi di Jakarta, Cocok untuk Momen Ramadan

Melansir dari Have Halal Will Travel, berikut adalah 5 destinasi wisata dari berbagai negara yang cocok untuk dijadikan liburan saat Ramadhan.

Bandung, Indonesia

Dijuluki 'Paris of Java', kota yang indah ini memiliki iklim yang sejuk sepanjang tahun. Ini adalah 768 meter di atas permukaan laut, memungkinkan Anda untuk mengalami suhu paling dingin, menjadikannya tujuan yang bagus untuk menghabiskan Ramadhan Anda.

 Ilustrasi

Kota Bandung

Carilah tempat peristirahatan yang damai di Air Terjun Cimahi, Tangkuban Perahu dan Kawah Putih (Danau Putih) di siang hari. Kemudian, pergilah ke Pasar Baru Trade Center untuk mencari tekstil cantik untuk membuat kostum Syawal Anda sendiri!

Amal dan kebaikan yang tulus adalah bagian dari semangat di bulan suci, dan orang-orang ramah di Indonesia juga dapat mengundang Anda untuk berbuka puasa bersama mereka! Malam hari semarak bersama keluarga dan teman berkumpul untuk makan, berdoa dan berbelanja

Kairo, Mesir

Sebuah hotspot wisata sepanjang tahun, Kairo bahkan lebih mempesona selama Ramadhan! Selama bulan spesial, akan ada banyak lampion dan lampu yang menghiasi jalanan dan rumah.

 BACA JUGA: Yuk Jelajahi 9 Destinasi Wisata Religi Banten

Berbuka puasa di masjid adalah kesempatan besar untuk berbaur dengan penduduk setempat dan mencicipi masakan tradisional mereka, yang tidak seperti negara lain.

Perjalanan Anda ke Kairo tidak akan lengkap tanpa kunjungan ke pasar lokal mereka di mana Anda dapat menikmati masakan mereka yang paling lezat saat senja dan mendapatkan suvenir paling unik.

 Ilustrasi

Istanbul, Turki

Kota kuno Istanbul memiliki identitas yang unik, memiliki masa lalu kuno yang kaya namun tetap begitu modern. Menawarkan salah satu contoh arsitektur Islam bersejarah yang paling indah di dunia, tidak heran orang masih berkumpul di sini sepanjang tahun dan itu termasuk selama Ramadhan.

Menjelang senja, ruang publik kota di dekat Masjid Biru akan dipenuhi oleh pedagang yang menjual masakan Turki dan buku-buku agama. Ada juga pembacaan Al-Qur'an untuk umum!

Berjalan-jalan di sepanjang Bosphorus sebelum matahari terbenam menuju Masjid Biru, dan dengarkan azan. Ini benar-benar pengalaman yang nyata. Dan saat malam hari, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berdoa bersama dengan penduduk setempat di masjid untuk melengkapi perjalanan Ramadhan yang tak terlupakan seumur hidup!

Follow Berita Okezone di Google News

Abu Dhabi, UEA

Abu Dhabi adalah kota yang luar biasa dan terlebih lagi selama bulan Ramadhan yang istimewa. Sementara laju kehidupan yang khas melambat dan toko-toko mungkin tutup terutama selama hari yang panas, masih ada fasilitas wisata serta acara yang diselenggarakan untuk mengingatkan massa tentang makna khusus bulan suci.

Kunjungi masjid dan buka puasa bersama masyarakat setempat di sana untuk menikmati pengalaman lokal, sambil mengalami sendiri bagaimana saudara dan saudari Muslim lainnya merayakan Ramadhan dan Idul Fitri.

Yang harus dikunjungi adalah tenda bergaya majlis di mana Anda akan menemukan masakan Arab dan permata seperti bantal hiasan dan karpet Persia. Tidak ada yang bisa lebih otentik dari ini.

 Ilustrasi

Makkah, Arab Saudi

Tempat paling surealis untuk dikunjungi selama Ramadhan tidak lain adalah Kota Suci, Mekah. Ini benar-benar kota yang tidak pernah tidur, dan ketika Anda berada di sana, kami yakin Anda juga tidak ingin tidur?

Menghabiskan Ramadhan di tempat paling murni dan suci di Bumi benar-benar merupakan berkah dan direkomendasikan untuk Anda supaya Anda bisa mengalaminya setidaknya sekali dalam hidup Anda.

Di atas ruang shalat yang indah yang ditawarkan Mekah, ia mengadakan bazar Ramadhan dan buka puasa massal di masjid. Makan sederhana dengan saudara dan saudari Anda dari seluruh dunia mungkin merupakan perasaan tersayang yang akan Anda pegang untuk waktu yang lama!

Pada akhirnya, bepergian selama bulan yang diberkati hanya baik jika tidak mengalahkan makna dan tujuan sebenarnya dari bulan suci, tetapi meningkatkannya. Ke mana pun kompas spiritual Anda membawa Anda, kami harap destinasi ini memberi Anda Ramadhan yang menakjubkan dan tak terlupakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini