Share

7 Kota di Dunia dengan Nama Terpanjang dan Sangat Sulit Dilafalkan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 408 2570473 7-kota-di-dunia-dengan-nama-terpanjang-dan-sangat-sulit-dilafalkan-7GkDEi2cch.jpg Kota di dunia dengan nama terpanjang dan sulit dilafalkan (BBC Travel)

BARU-baru ini, ibu kota Thailand, Bangkok, dikabarkan akan mengganti nama kotanya menjadi Krung Thep Maha Nakhon. Namun, nama tersebut baru bisa digunakan secara resmi setelah panitia yang bertugas memeriksa RUU tersebut menyetujuinya.

Krung Thep Maha Nakhon berarti ‘kota besar para bidadari.’ Sementara itu, kata Krung Thep sendiri sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Thailand, mengingat mereka biasanya menggunakan kata tersebut untuk menyebut Bangkok.

Namun, Bangkok sebenarnya memiliki nama yang cukup panjang, yaitu: “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.”

 BACA JUGA: 7 Kota Teraneh yang Dihuni Manusia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Nama panjang kota Bangkok sendiri memiliki 188 huruf. Tidak hanya Bangkok, berikut beberapa kota lain dengan nama yang cukup panjang:

1. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (Wales)

Mengutip BBC, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch terletak di Wales, Inggris. Penduduk setempat biasa menyebut nama kota ini dengan 'Llanfair PG.' Ini adalah nama daerah terpanjang di Inggris.

 

Nama kota ini terdiri dari 58 huruf. Awalnya, kota ini memiliki nama Llanfair Pwllgwyngyll. Namun, nama daerah itu kemudian diperluas untuk menarik wisatawan pada tahun 1860-an.

Nama panjang kota itu berarti: "Gereja St Mary di lembah hazel putih dekat pusaran air yang deras dan Gereja Saint Tysilio di gua merah."

 BACA JUGA:5 Tempat dengan Tata Kota Terbaik di Dunia

2. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea (Spanyol)

Seperti dilansir World Atlas, Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea adalah nama kota terpanjang di Spanyol. Kota ini dinamai menurut bahasa Bosque yang berarti "bidang rendah dari pena tinggi Azpilkueta". Nama kota ini memiliki 39 huruf.

3. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä (Finlandia)

Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka adalah sebuah kota di Finlandia. Nama kota ini memiliki 35 huruf.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Parangaricutirimicuaro (Meksiko)

Parangaricutirimicuaro adalah nama salah satu kota di Meksiko. Kota ini juga dikenal dengan nama Nuevo San Juan Parangaricutiro. Kota ini berada di negara bagian MichoacĂĄn yang berjarak 23 km dari Kota Meksiko. Kota ini memiliki gunung api yang bernama ParĂ­cutin. Nama kota ini terdiri dari 23 huruf.

5. Muckanaghederdauhaulia (Irlandia)

Muckanaghederdauhaulia adalah kota yang terletak di Irlandia. Nama kota ini memiliki 23 huruf.

 Ilustrasi

6. SvalbarĂ°sstrandarhreppur (Islandia)

SvalbarĂ°sstrandarhreppur merupakan salah satu kota di Provinsi NorĂ°urland eystra, Islandia. Mengutip DB City, kota dengan luas 7,5 kilometer persegi ini hanya dihuni sekitar 414 orang. SvalbarĂ°sstrandarhreppur berada di wilayah utara Islandia, tepanya di celah teluk sempit negara itu.

7. Washington-on-the-Brazos (Texas, AS)

Washington-on-the-Brazos merupakan salah satu kota di Texas, AS. Nama kota ini memiliki 25 huruf. Mengutip Britannica, di kota ini, terdapat situs sejarah dengan nama Washington-on-the-Brazos State Historical Site. Situs ini berada di sepanjang Sungai Brazos. Sementara itu, kota ini disebut-sebut menjadi tempat kelahiran Republik Texas selama Revolusi Texas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini