Share

5 Negara Penyedia Kereta Khusus Wanita

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 406 2571066 5-negara-penyedia-kereta-khusus-wanita-sc5UkjyySD.jpg Ilustrasi kereta (dok Freepik)

KERETA merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat. Pasalnya, kereta dikenal memiliki kecepatan tinggi sehingga penumpang pun bisa menghemat waktu.

Namun sayangnya, kereta yang diminati masyarakat membuat para penumpang menjadi berdesakan. Tak jarang, hal ini pun dimanfaatkan oleh para oknum untuk melakukan pelecehan seksual terhadap penumpang wanita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa pemerintahan negara pun mengambil langkah untuk membuat gerbong kereta khusus wanita.

Melansir laman Guardian pada Kamis (31/3/2022), berikut adalah 5 negara yang menyediakan kereta khusus wanita.

Iran

Iran memisahkan pria dan wanita sepenuhnya di kereta, bahkan pasangan yang sudah menikah diharuskan duduk atau berdiri terpisah. Kereta memiliki gerbong khusus wanita tetapi penggunaannya bersifat opsional.

infografis

Jepang

Jepang membawa gerbong khusus wanita di sembilan jalur metro dan kereta pinggiran kota satu dekade lalu setelah laporan bahwa lebih dari separuh penumpang wanita diraba-raba di kereta di sekitar Tokyo.

India

India memiliki gerbong khusus wanita di keretanya untuk menangani pelecehan seksual yang terus-menerus sejak 2009. Mereka memperkenalkan “kereta khusus wanita”, seluruh kereta disediakan untuk penumpang wanita di Delhi, Mumbai, Calcutta, dan Madras, meskipun beberapa stafnya adalah pria.

Mesir

Mesir memperkenalkan gerbong khusus wanita di metro-nya pada 2007, saat wanita berusaha melarikan diri dari gelombang pelecehan. Penelitian PBB menunjukkan 99% wanita dan anak perempuan yang diwawancarai untuk survei PBB melaporkan bahwa mereka telah mengalami beberapa bentuk pelecehan di jalanan.

Indonesia

Jakarta memperkenalkan gerbong khusus wanita di kereta komuter pada 2010, dan pada 2013 mempertimbangkan untuk mengabdikan seluruh kereta untuk penumpang wanita sebelum menghentikan sistem dan mengubah kereta menjadi perjalanan campuran jenis kelamin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini