Share

Viral! Wisatawan Bakar Petasan di Pulau Komodo, Satwa Terancam dan Netizen Geram

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 406 2571684 viral-wisatawan-bakar-petasan-di-pulau-komodo-satwa-terancam-dan-netizen-geram-eghqOmLzZg.jpg Viral wisatawan bakar petasan di Pulau Komodo (Twitter @TemanBaikKomodo)

SEJUMLAH wisatawan yang sedang naik kapal motor menyalakan petasan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Aksi mereka terekam kamera dan viral di media sosial sehingga menuai kecaman dari warganet, karena khawatir mengganggu habitat satwa di pulau tersebut.

Video itu turut dibagikan oleh akun Twitter @KawanBaikKomodo. Terlihat jelas dalam video berdurasi 42 detik itu mereka menyalakan petasan.

 BACA JUGA: 5 Fakta Menarik Pulau Komodo, Traveler Wajib Tahu Sebelum Berkunjung!

"Kelakuan wisatawan kita di kawasan konservasi. Ini kejadian di Pulau Kalong TN Komodo sore ini. Ancaman bagi Komodo dan satwa penyertanya ternyata bukan hanya perizinan investasi yang digelontorkan @kementerianlhk pemerintahan @jokowi, tetapi juga perilaku wisatawan berkesadaran rendah," tulis akun tersebut.

 

Perekam video itu berteriak berkali-kali bahwa apa yang dilakukan para wisatawan tersebut dilarang. Juga diingatkan agar berhenti tidak lagi menyalakan petasan sesuka hatinya.

 BACA JUGA: 16 Ekor Bayi Komodo Lahir di Bali, Lucu Banget!

Saat wisatawan tersebut menyalakan petasan, terlihat di atas sedang ada kawanan kelelawar yang terbang. Di mana saat itu suasana tepat di sore hari, sehingga khawatir satwa lain termasuk komodo akan terganggu kehidupannya.

Diketahui bahwa para wisatawan yang menyalakan petasan itu tepat berada di Pulau Kalong. Dimana pulau ini merupakan bagian dari jantung Taman Nasional Komodo, dan menjadi kawasan yang benar-benar dilindungi.

Tak hanya itu saja, asap dan sampah dari petasan yang diletuskan juga bisa merusak ekosistem sekitarnya. Netizen yang melihat tingkah laku rombongan wisatawan yang menyalakan petasan itu ikut geram.

"Ngapain dah woi nyalain kembang api masih ada cahaya gt?.... logikanya udah aneh.... gabut amat sih hidup anda," kata @kat****.

 Ilustrasi

"Jgn sekedar panggil... kena sanksi tu.... bila perlu kapal melarang operasi d TN komodo..... jgn hax pikir cuan doang..." ujar @At****.

"Agent / pemilik kapal yang harus di edukasi dan disanksi," kata @aji****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini