Share

Imbas Pandemi, Maskapai Thailand Jual Kursi Pesawat untuk Bayar Utang

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 406 2571848 imbas-pandemi-maskapai-thailand-jual-kursi-pesawat-untuk-bayar-utang-r7y74ypaPZ.jpg Thai Airwasy (Airlinereporter)

THAI Airways saat ini tengah dalam kondisi terpuruk, karena minimnya penumpang selama pandemi Covid-19. Sehingga, maskapai Thailand tersebut terpaksa menjual kursi pesawatnya untuk menutupi semuanya, termasuk membayar utang.

Melansir dari Bangkok Post, Sabtu (2/4/2022), pihak maskapai menjual bangkunya secara streaming di Facebook pribadinya. Sekitar 30 kursi dengan warna berbeda-beda termasuk bermotif warna ungu dan merah muda ludes terjual.

 BACA JUGA: Kebijakan Baru Taliban Larang Perempuan Naik Pesawat Tanpa Mahram

Kursi-kursi pesawat yang dijual merupakan kursi edisi khusus dari pesawat Airbus A330-300.

Sepasang kursi kelas ekonomi dijual seharga 35.000 baht atau sekitar Rp15 juta, dilengkapi dengan sabuk pengaman. Sehingga semua terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit. Penjualannya menghasilkan total 1.050.000 baht.

 

Menurut maskapai, kursi yang dijual telah dibersihkan secara menyeluruh, dilengkapi dengan sabuk pengaman. Mereka dapat berbaring hingga 15 sentimeter jika dipasang di lantai dan 10 cm juga sebaliknya.

Berdasarkan keputusan dari Central Bankruptcy Court, Thai Airways mendapatkan restrukturisasi keuangan. Beruntungnya mereka diberi keringanan untuk membayar cicilan utang.

 BACA JUGA: Momen Menegangkan Pramugara Alami Turbulensi di Udara, Barang Terpelanting hingga Penumpang Histeris

Thai Airways sendiri telah membukukan laba bersih sebesar 55,11 miliar baht tahun lalu, yakni dengan pendapatan 81,52 miliar baht dan kerugian operasional sebesar 19,70 miliar baht.

Kemudian dejak 2020 perusahaan tersebut, memang sudah kesulitan. Dan kemudian melakukan pemangkasan karyawan hingga menjual 42 armadanya. Selama ini untuk tetap bertahan, Thai Airways berusaha menciptakan berbagai bisnis baru.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini