Share

Ini 9 Perpustakaan dan Tempat Baca Buku Terbaik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 408 2571774 ini-9-perpustakaan-dan-tempat-baca-buku-terbaik-di-jakarta-yang-wajib-dikunjungi-DdHc5DmrZ0.jpg Perpustakaan dan tempat baca buku terbaik di Jakarta (Shutterstock)

ADA 9 perpustakaan dan tempat baca buku terbaik di Jakarta. Perpustakaan menjadi tempat ternyaman untuk membaca buku. Selain tempatnya yang nyaman dan sunyi, umumnya perpustakaan ditunjang dengan beberapa fasilitas pendukung.

Tak hanya perpustakaan, saat ini telah banyak tempat baca buku yang keren, unik dan tentunya nyaman. Bagi kamu yang bertempat tinggal di Jakarta tak perlu lagi untuk bingung mencari tempat ternyaman membaca buku.

Pasalnya, telah banyak tempat baca buku yang tersedia dengan desain bangunan yang unik dan nyaman. Lantas, di mana saja perpustakaan dan tempat baca buku terbaik di Jakarta? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Perpustakaan Nasional RI

Butuh referensi yang lengkap, atau bahkan butuh mengakses jurnal untuk membuat skripsi atau semacamnya. Kamu bisa datang ke perpustakaan yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan ini.

Perpustakaan ini dijuluki sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Pasalnya, bangunan ini terdiri atas 24 lantai dan jumlah koleksi bukunya hingga sebanyak 2,6 juta kopi. Sehingga rasanya tidak mungkin bosan untuk membaca buku seharian di sini.

Perpustakaan ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Seperti ruang teater, layanan audiovisual dan multimedia, ruang baca, data center, serta ruangan koleksi buku langka.

Ilustrasi

Perpustakaan Nasional (Okezone.com/Heru)

Goethe-Institut Jakarta

Organisasi dari Jerman yang aktif mempromosikan kebudayaan Jerman dan juga menawarkan kerjasama kultural di berbagai negara ini ternyata memiliki perpustakaan sendiri, lho.

Goethe-Institut Jakarta yang berlokasi di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat ini punya perpustakaan yang terbuka untuk masyarakat umum. Semua orang bisa membaca serta menggunakan media di sini secara gratis.

Di Goethe-Institut, kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai Jerman serta melihat koleksi buku, musik, permainan, dan film dari Jerman.

Uniknya, bagi yang ingin meminjam buku harus memiliki kartu anggota dan pendaftar diwajibkan berdomisili di Jabodetabek. Kamu bisa mendaftar dengan mengisi form khusus di perpustakaan dan membawa KTP dengan alamat sah di Jabodetabek untuk meminjam buku di sini.

Aksara Kemang

Bukan sekadar toko buku biasa, Aksara Kemang jadi salah satu toko buku kekinian yang bisa dikunjungi untuk mencari karya penulis independen yang jarang bisa ditemui di toko buku konvensional lainnya.

Kamu juga bisa membaca buku yang kamu beli di Ruang Seduh, coffee shop yang berada di dalam Aksara. Selain tempatnya yang nyaman, desain interior di dalamnya terasa sangat cocok untuk dijadikan tempat membaca novel favorit.

Wisata Buku Pasar Kenari

Sejak dicanangkan oleh Gubernur Jakarta di pertengahan 2019, salah satu pasar tradisional yang berada di daerah Senen ini kini punya tempat wisata buku yang wajib untuk dikunjungi. Tepatnya di Lantai 3 Pasar Kenari.

Ilustrasi

Meski berada di pasar tradisional, kamu tidak akan menyangka fasilitas yang ditawarkan di tempat ini. Selain bebas rokok, tempat ini lengkap dengan pendingin ruangan dan ada beberapa sofa di tengah area yang nyaman untuk tempat membaca buku.

Di sini juga terdapat kafe bernama Bencoolen Coffee yang menyediakan berbagai tempat yang nyaman untuk membaca sekaligus menikmati kopi khas dari berbagai daerah di Nusantara.

Perpustakaan Japan Foundation

Sesuai namanya, perpustakaan yang berlokasi di Gedung Summitmas 1 3rd Floor, Jalan Jendral Sudirman Kavling 61-62, Jakarta ini menyimpan banyak literatur mengenai Negeri Sakura, baik itu dalam bahasa Jepang, Inggris, maupun Indonesia.

Tempat ini cocok bagi pecinta komik manga. Pasalnya, komik Jepang alias manga koleksi milik Japan Foundation ini cukup lengkap.

Selain bisa menikmati membaca buku, di sini kamu akan menemukan banyak lukisan menarik serta tersedia ruang audio visual yang pastinya menyegarkan mata.

Erasmus Huis

Selain menawarkan suasana yang nyaman untuk membaca, ruangan dingin, serta WiFi gratis, Erasmus Huis Library bisa dibilang sebagai perpustakaan paling Instagramable yang wajib dikunjungi.

Perpustakaan milik Kedutaan Belanda ini memiliki 14 ribu koleksi buku yang didominasi oleh bahasa Belanda. Meskipun begitu, ada juga buku dalam Bahasa Inggris dan Indonesia.

Perpustakaan kece ini terletak di belakang gedung Kedutaan Besar Belanda di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Biaya masuknya juga gratis, lho.

Freedom Institute

Di Jalan Rasuna Said, tepatnya di lantai dasar Wisma Bakrie 1, kamu bisa menemukan perpustakaan yang tidak kalah keren yaitu Freedom Institute. Perpustakaan ini memiliki 10 ribu koleksi buku yang rata-rata koleksinya berbahasa Inggris dari berbagai genre.

Terdapat banyak referensi buku mulai dari politik, fiksi, agama, hampir semua ada. Bahkan beberapa karya literatur dari negara-negara yang tak pernah terpikirkan pun ada seperti Eropa, Asia Tengah, Amerika Selatan, dan lain-lain.

Perpustakaan umum ini memang gratis, namun setiap orang diharuskan menjadi anggota dengan mengisi formulir yang harus selalu dibawa dan ditunjukkan saat berkunjung.

Perpustakaan Kemendikbud Jakarta

Perpustakaan satu ini letaknya cukup strategis, sebelah mall FX Sudirman tepatnya di kantor A Kemendikbud. Lantaran posisinya yang tidak begitu terlihat, masih banyak yang tidak tahu tentang keberadaan perpustakaan ini.

Di perpustakaan ini mayoritas koleksi bukunya berbahasa Indonesia. Meski begitu, ada pula koleksi lainnya, seperti koleksi film dan audio yang lumayan lengkap, rata-rata film asing berbahasa Inggris mulai dari topik sejarah hingga kartun.

Kalau ingin menonton berbagai koleksi tersebut, di sini disediakan ruangan teater lengkap dengan TV kecil dan headset. Format filmnya mayoritas DVD tapi ada pula yang formatnya VHS.

Untuk masuk ke sini juga gratis dan tak perlu jadi anggota. Hanya saja, jika ingin meminjam buku di sini kamu tetap harus menjadi anggota . Syaratnya mudah, cukup siapkan KTP dan materai 10 ribu.

Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan kebanggaan anak UI ini memang sudah terkenal nyaman untuk mencari berbagai referensi buku.

Lokasinya di tepi danau, ditambah sentuhan modern pada desain bangunannya serta adanya area komersial seperti toko buku, cafe, dan gym membuat kamu tidak merasa seperti di perpustakaan.

Perpustakaan ini memiliki koleksi 1,5 juta buku. Fasilitasnya pun tergolong komplit, mulai dari ruang baca, ruang penitipan barang, ruang kubikus, ruang rapat, auditorium, dan ruang yang menjadi favorit mahasiswa yaitu ruang komputer.

Demikian 9 perpustakaan dan tempat baca buku terbaik di Jakarta yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini