Share

Wisata Kuliner Khas Kudus Getuk Nyimut hingga Soto Kerbau, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Antara, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 301 2572816 wisata-kuliner-khas-kudus-getuk-nyimut-hingga-soto-kerbau-cocok-untuk-menu-buka-puasa-0518TrqzFL.jpg Getuk Nyimut Kuliner Khas Kudus (dok ANTARA)

GETUK nyimut hingga soto kerbau merupakan makanan khas masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kedua makanan ini menjadi menu andalan berbuka puasa di Kota Kretek.

Sajian makanan khas tersebut melengkapi momen spesial bagi para pemburu takjil. Di Kabupaten Kudus pun warganya cukup antusias untuk memburu atau membuat kudapan khas berbuka puasa.

Yuli, salah satu penjual menu buka puasa di Alun-alun Kudus, Minggu, mengakui, saat bulan Ramadhan memang banyak warga yang lebih memilih mencari makanan atau minuman siap saji, dibandingkan harus membuat sendiri.

infografis

"Selain banyak pilihan, mereka tidak perlu repot-repot membuat di rumah yang dimungkinkan kebutuhannya tidak banyak sehingga lebih efektif membeli yang sudah tersedia," ujarnya.

Makanan khas Kota Kudus yang bisa dijadikan menu buka puasa yang sedang naik daun, yakni getuk nyimut yang terbuat dari singkong untuk menemani hidangan buka bersama masakan khas Kudus lainnya seperti soto kerbau atau soto ayam, satai kerbau hingga lentog.

Sementara minumannya terdapat wedang blung yang juga khas Kota Kudus serta kolak pisang yang tentunya sudah dikenal luas masyarakat.

Masyarakat yang ingin mendapatkan getuk nyimut dengan berbagai varian rasa mulai dari rasa original, gula aren, cokelat dan keju tidak perlu repot ke luar rumah karena bisa dibeli secara daring atau berburu langsung ke kawasan Pegunungan Muria di sepanjang Jalan Kudus-Colo terdapat warung yang menjajakan menu khas Kudus tersebut.

Arfin Am, salah satu penjual getuk nyimut mengakui untuk menyambut bulan Ramadhan dirinya menambah varian baru, yakni jeruk orange dan mint untuk melengkapi varian rasa lainnya, seperti original, gula aren, cokelat dan keju.

"Getuk nyimut memang menjadi buruan masyarakat Kudus untuk menu buka puasa maupun untuk makanan pendamping saat tadarusan," ujarnya.

Karena masa pandemi, dia mengakui, selain melayani pembelian secara konvensional juga secara daring siap antar ke alamat pemesan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini