Share

Jangan Dianggap Sepele, Cek 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perjalanan Jauh

Intan Afika, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 406 2572859 jangan-dianggap-sepele-cek-6-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-perjalanan-jauh-4H6MfbaIsi.jpg Ilustrasi traveling (dok Freepik)

PLESIRAN ke tempat yang jauh memerlukan persiapan khusus, mulai dari stamina, kesehatan hingga keperluan lainnya demi kenyamanan sepanjang perjalanan.

Anda tentunya tak mau merasa terganggu atau tidak nyaman saat bepergian bukan?

Berikut MNC Portal Indonesia rangkum enam hal yang harus diperhatikan saat menempuh perjalanan jauh, dikutip dari Escape:

1. Tempat paspor

Hanya ada tiga tempat yang seharusnya menjadi tempat penyimpanan paspor Anda, yakni di tangan, di tempat yang aman dan mudah diakses di bagasi, atau di pakaian Anda. Ya, banyak orang yang begitu panik dan menepuk-nepuk tubuh mereka karena tidak tahu dimana meletakan paspornya. Bahkan, beberapa dari mereka lupa telah menyimpannya di tempat tersembunyi jaket mereka. Memang tujuannya agar lebih aman, tapi jangan sampai tempat rahasia itu justru mempersulit Anda, ya.

infografis

2. Cetak paspor vaksinasi dan hasil tes PCR

Aturan keselamatan Covid mewajibkan para penumpang memenuhi banyak persyaratan saat naik pesawat ataupun kapal pesiar. Agar lebih mudah, cetaklah paspor vaksinasi dan hasil tes negatif atau izin medis Anda. Ini jauh lebih efisien daripada mengandalkan versi elektronik dan mencarinya di antara ribuan dokumen yang tersimpan di ponsel Anda.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Bawa aksesori yang tepat

Masker medis tak boleh terlewatkan saat bepergian di era Covid ini. Sebaiknya, pakai dan bawalah masker N95 agar tetap aman. Selain itu, bawa juga botol minuman besar yang sudah terisi sebelum penerbangan atau Anda bisa meminta ke pramugari untuk mengisi ulang sesuai kebutuhan. Tak ketinggalan, bawalah sebungkus obat tablet pilek dan flu untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Terakhir, oleskan pelembab wajah, lip balm, dan tetes mata pelumas agar tetap kulit dan tubuh tetap terhidrasi selama penerbangan.

4. Pertimbangkan barang bawaan Anda

Bawalah barang-barang yang praktis menggunakan tas selempang kecil untuk menyimpan ponsel, paspor, dokumen, dompet, dan kacamata Anda agar lebih nyaman selama penerbangan. Anda juga bisa menggunakan tas ziplock untuk barang berbahan cair atau gel di bawah 100ml agar mudah dikeluarkan dengan aman. Sebaiknya, gunakan sebuah tas khusus untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan dalam penerbangan. Dengan begitu, Anda tak perlu repot membongkar koper Anda saat bepergian. Selain itu, bawa juga bantal leher terbaik Anda agar bisa tidur dengan nyenyak di pesawat.

5. Etika toilet

Sama seperti toilet umum di darat, toilet di pesawat pun memiliki kondisi menjijikan yang tak jauh berbeda. Oleh karena itu, jangan pergi ke kamar mandi dengan kaki telanjang atau hanya menggunakan kaus kaki. Kaki Anda dipastikan akan kotor dan menimbulkan ketidaknyamanan sepanjang perjalanan. Sebaiknya, tetap gunakan sepatu Anda setiap waktu.

6. Bawa adaptor dan pena

Saat ini port USB memang disediakan di sebagian besar kursi maskapai, tetapi untuk berjaga-jaga, bawalah powerbank untuk mengisi daya ponsel Anda. Jika Anda berencana untuk menonton atau mendengarkan hiburan di maskapai, bawa juga kabel dan adaptor untuk menyambungkan suara. Selain itu, bawalah pena untuk mengisi formulir bea cukai dan imigrasi saat mendarat. Bawa juga beberapa pena cadangan jika tinta pena pertama Anda sudah habis. Sekian, jangan sampai barang-barang ini terlewat, ya!

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini