Share

Mudik Bawa Anak, Ketahui Syaratnya Dulu Sebelum Anda Pesan Tiket

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 April 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 406 2572923 mudik-bawa-anak-ketahui-syaratnya-dulu-sebelum-anda-pesan-tiket-dNno35rpbh.JPG Ilustrasi (Foto: Travelinsurancereviews)

MEMASUKI bulan Ramadan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan Surat Edaran (SE) bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). SE bernomor 16 Tahun 2022 itu berisi Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Aturan terbaru ini bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 menghadapi musim mudik Lebaran 2022/1443 Hijriah.

Disebutkan bahwa setiap orang yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi maupun umum tetap wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Bagi mereka yang sudah divaksin booster (dosis 3) dan hendak menggunakan moda transportasi udara, laut, darat baik kendaraan pribadi atau umum di seluruh Indonesia tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Pelaku perjalanan yang baru mendapat vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Infografis Traveling Aman

Kemudian, PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Namun, bagi orangtua yang hendak membawa serta anaknya pada mudik Lebaran tahun ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda nyaman.

Terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi bagi pelaku perjalanan dalam negeri baik itu menggunakan moda transportasi udara, laut, darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia, termasuk mereka yang membawa anak.

Adapun syaratnya ialah sebagai berikut:

- Anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 (tes RT-PCR maupun Antigen)

- Wajib didampingi orangtua atau pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksana Covid-19, serta menerapkan protokol kesehatan ketat

Sementara bagi pelaku perjalanan dalam negeri dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, maka wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Ilustrasi Traveling

(Foto: Mister Aladin)

Hal itu sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang akan memberlakukan kriteria dan persyaratan khusus terkait pelaku perjalanan di daerahnya, dapat menindaklanjuti dengan mengeluarkan instrumen hukum lain yang selaras dan tidak bertentangan dengan Surat Edaran (SE) ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini