Share

Ingin Hotel di Rest Area Tol Jadi Tren Baru, Sandiaga Uno: Istirahat Itu Penting

Antara, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 406 2573402 ingin-hotel-di-rest-area-tol-jadi-tren-baru-sandiaga-uno-istirahat-itu-penting-0IVqXeQXge.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berharap pembangunan hotel di rest area (area istirahat) jalan tol menjadi salah satu tren baru di masa pasca pandemi Covid-19.

“Banyak kegiatan pariwisata atau konektivitas dilakukan melalui jalan tol yang dibangun di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap dia dalam Weekly Press Briefing.

Seperti diketahui, PT Puri Sentul Permai meresmikan Hotel Kedaton 8 Express di Rest Area KM 19 Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2022 lalu.

Sebagaimana aturan pemerintah, adanya hotel tersebut berada bertujuan untuk menyediakan tempat istirahat pelayanan dalam jalan tol.

Infografis Hotel di Luar Angkasa

Dalam hal ini, Sandiaga menyatakan telah menerima beberapa pertanyaan terkait peluang investasi di hotel-hotel yang ada di rest area, khususnya hotel di jalur tol Jakarta-Cikampek.

Menurut dia, pembangunan hotel di rest area sudah sangat lazim dilakukan oleh berbagai negara. Biasanya disebut dengan motel (motorists hotel), semacam tempat penginapan untuk melayani pelanggan transit.

Kehadiran hotel di kawasan jalur tol disebut menawarkan suatu pengalaman baru bagi para pelintas. Selain itu, dapat menjadi tempat bersimpuh sementara bagi para pengendara yang terlalu lelah dalam perjalanan, sehingga berpotensi mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol.

“Jadi beristirahat ini sangat penting,” ucapnya.

Selain sebagai tempat istirahat, keberadaan hotel di area istirahat akan membantu kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif mengingat para pengunjung juga perlu mengonsumsi kuliner atau berbelanja.

Serta, berpotensi menjadi destinasi baru yang bakal berkembang seiring pembangunan jalan tol selama tujuh tahun terakhir berguna sebagai penghubung beberapa destinasi wisata maupun sentra ekonomi kreatif.

“Harapannya yang di Kedaton ini akan disusul oleh banyak rest area-rest area lainnya. Saya cukup yakin di belakang rest area itu banyak potensi perluasan lahannya,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini