Share

Dear Traveler, Bandara Pattimura Wajibkan Vaksin Booster untuk Pelaku Perjalanan

Antara, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 406 2573415 dear-traveler-bandara-pattimura-wajibkan-vaksin-booster-untuk-pelaku-perjalanan-Cv15NgwYe5.jpg Ilustrasi bandara (dok freepik)

PELAKU Perjalanan Dalam negeri (PPDN) di Bandara Pattimura Ambon, Maluku wajib melampirkan surat keterangan bebas covid-19 bagi penumpang yang belum vaksinasi dosis ketiga atau booster.

"Mulai Selasa (5/4) kita menerapkan aturan wajib vaksin booster bagi pelaku perjalanan yang tidak ingin melampirkan hasil negatif tes PCR maupun Antigen, " kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Pattimura, Aditya Narendra.

Dia mengatakan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerbitkan aturan lengkap perjalanan mudik Lebaran 1443 Hijriah. Ketentuan ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 yang berlaku mulai 2 April 2022.

infografis

 BACA JUGA:Niat Plesiran ke Los Angeles, Penumpang Pesawat Batal Terbang Gara-Gara Kehilangan Anjing di Bandara

BACA JUGA:Dear Traveler, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Kini Punya Mini Golf dan Kafe Loh

Pelaku perjalanan yang telah menerima vaksin booster tidak perlu menunjukkan hasil tes antigen dan PCR.

Sementara yang baru menerima vaksin dosis kedua harus menunjukkan hasil tes negatif PCR 3×24 jam atau antigen 1x24 jam, dan yang baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR 3x24 jam.

"Syarat ini untuk memastikan bahwa pelaku perjalan dalam keadaan sehat, sudah mendapat vaksin booster. Ini sebagai bentuk mudik aman dan bertanggung jawab," jelasnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Syarat tes PCR juga berlaku untuk pelaku perjalanan yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau penyakit komorbid khusus.

Bagi komorbid yang tidak dapat divaksin, mereka wajib membawa hasil tes PCR 3x24 jam dan menunjukkan surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah.

Untuk anak usia kurang dari 6 tahun, tidak perlu melampirkan tes Antigen dan PCR, tetapi wajib didampingi orang dewasa atau pendamping yang sudah memenuhi syarat testing dan vaksinasi saat melakukan perjalanan.

Pihaknya, kata Aditya, mengimbau pelaku perjalanan untuk segera mengakses vaksin booster minimal dua minggu sebelum melakukan perjalanan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini