Share

Anak Usia di Bawah 6 Tahun Tak Perlu Tes PCR atau Antigen, tapi Wajib Penuhi Syarat Ini

Antara, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 406 2573557 anak-usia-di-bawah-6-tahun-tak-perlu-tes-pcr-atau-antigen-tapi-wajib-penuhi-syarat-ini-M0qZfcHzjB.JPG Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro (Foto: Instagram/@reisabrotoasmoro)

JURU Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro menegaskan, pemudik dengan kriteria usia di bawah 6 tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi Covid-19 dan tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes usap PCR maupun antigen.

"Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) di bawah usia 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi, karena belum tersedia vaksinnya," kata Reisa.

Namun anak tersebut lanjutnya, wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 dan menerapkan prokes secara ketat.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku per 2 April 2022.

Infografis Tes Antigen

Ia menambahkan, ketentuan lain dalam edaran itu itu juga mengecualikan pemudik yang belum divaksin Covid-19 akibat kendala komorbid. Mereka diizinkan melakukan perjalanan dalam negeri dengan melampirkan hasil tes negatif pemeriksaan PCR.

"Kalau ada PPDN berkondisi khusus atau komorbid yang menyebabkan dia tidak bisa divaksin, wajib menunjukkan hasil tes PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 3x24 jam hasil negatif sebelum pemberangkatan," katanya.

Reisa mengatakan pelaku perjalanan mudik berkondisi khusus tersebut juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurut dia, dalam surat edaran tersebut mewajibkan setiap individu yang melaksanakan perjalanan mudik wajib melakukan prokes memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan (3M).

Pemudik juga wajib menggunakan Aplikasi PeduliLindungi saat berkendara menggunakan pesawat, kereta api, kapal laut, kendaraan pribadi dan diberlakukan sejumlah ketentuan.

Bagi pemudik yang telah divaksin booster atau dosis tiga tidak wajib menunjukkan tes negatif PCR/Antigen. Bila telah menerima dosis lengkap vaksin primer atau dua dosis, wajib menunjukkan hasil tes negatif tes Antigen yang sampel diambil 1x24 atau RT PCR 3x24 jam sebelum pemberangkatan.

Pemudik yang baru sekali mendapat vaksin dosis pertama, lanjut Dokter Reisa, wajib menunjukkan tes negatif PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini