Share

5 Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Labuan Bajo, Liburannya Makin Berkesan

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 05 406 2573733 5-ragam-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan-di-labuan-bajo-liburannya-makin-berkesan-hvb3MGbwQP.jpg Labuan Bajo di NTT (Floresa)

LABUAN Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) identik dengan keindahan pulau-pulau dan dunia bawah lautnya. Ini membuat para wisatawan berlomba-lomba berkunjung untuk menikmati pemandangannya secara langsung.

Bahkan, Labuan Bajo menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Nantinya, destinasi di Labuan Bajo tak hanya menjadi daya tarik wisatawan saja, tetapi juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.

 BACA JUGA: Covid-19 Melandai, Seat bagi Penumpang Pesawat ke Labuan Bajo Akan Ditambah?

Nah, ada banyak ragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sekitar kota nelayan ini. Apa saja? Dikutip dari Instagram @peponitravel, simak selengkapnya berikut ini.

1. Menginap di atas kapal

Labuan Bajo menyuguhkan pengalaman menarik, yakni menginap di atas Kapal Pinisi. Ya, dengan konsep penginapan liveaboard ini, kamu akan diajak berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya sambil merasakan berbagai aktivitas seru di atas Kapal Pinisi.

Fasilitasnya pun lengkap, ada kamar tidur, kamar mandi, toilet, ruang makan, hingga ruang bersantai bersama. Pastinya, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Labuan Bajo yang indah dari atas kapal.

 Ilustrasi

Kapal Pinisi (Okezone.com/Faby)

2. Trekking di Pulau Padar

Selain menginap di kapal, kamu juga bisa melakukan trekking di Pulau Padar. Tenang saja, jalur trekking-nya bisa ditempuh melalui jajaran anak tangga kok. Jadi, sangat ramah bagi para pemula.

Pulau dengan perbukitan yang berada di antara luasnya lautan ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Para pecinta petualangan harus merasakan sensasi trekking sekaligus momen indah melihat matahari terbit dari puncak bukit. Dijamin, pesonanya bikin kamu gak pengin pulang!

 BACA JUGA: Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah Asia Internasional Water Week, Intip Pesonanya

3. Eksplorasi Pulau Komodo

Berkunjung ke Labuan Bajo memang belum lengkap jika tak berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Melihat habitat asli hewan endemik purba yang eksotis dan mendunia ini bakal menjadi momen langka nan mendebarkan sekaligus tak terlupakan sepanjang berlibur.

Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo ini dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986. Selain komodo, Taman Nasional ini juga memiliki ekosistem hutan bakau, terumbu karang, dan padang lamun yang bisa kamu eksplor. Tentu saja, liburan kamu bakal makin seru di Labuan Bajo!

4. Bersantai di Pink Beach

Pink Beach atau juga disebut Pantai Merah menjadi salah satu pantai pink tercantik di dunia. Warna merah muda di sekitar bibir pantai ini berasal dari degradasi antara putihnya pasir pantai dengan warna pink dari terumbu karang bernama Homotrema Rubrum.

Perpaduan warna pink dan biru laut yang indah bisa memanjakan mata kamu kala berlibur di Labuan Bajo. Tak ketinggalan, kamu juga bisa berpose dengan spot foto yang ciamik di pantai ini. Instagramable banget!

 Ilustrasi

5. Snorkeling di Manta Point

Liburan di Labuan Bajo semakin asyik dengan aktivitas snorkeling di Manta Point. Kamu bisa melihat koloni manta ray si ikan pari khas Indonesia bagian Timur yang berhasil membuat destinasi ini naik daun dan mendunia.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan koloni ubur-ubur yang menjadi makanan dari manta sekaligus melihat terumbu karang yang masih alami di bawah laut. Ditambah lagi dengan pesona ikan laut warna-warni yang indah. Dijamin, kamu bakalan betah banget bermain air di Manta Point!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini