Share

Tradisi Warga Tegal Semarakkan Ramadan, Begini Keseruan Bermain Sepak Bola Api

Yunibar, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 406 2574087 tradisi-warga-tegal-semarakkan-ramadan-begini-keseruan-bermain-sepak-bola-api-rTEwmhKUD9.jpg Warga Tegal main sepak bola api (dok iNews/Yunibar)

BERMAIN sepak bola api menjadi tradisi turun temurun warga di Kabupaten Tegal. Dari remaja hingga orang tua berbaur memainkan pertandingan sepak bola api.

Begitulah keseruan sepak bola api dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, yang digelar usai salat tarawih di halaman Masjid Baiturahman, Selasa malam 5 April 2022.

Meski terlihat berbahaya, namun para pemain tetap semangat dan bergembira memainkan permainan ekstrem dengan bola yang terbuat dari buah kelapa kering yang dibakar. Pertandingan sepak bola api ini mengundang perhatian warga lainnya.

infografis

Tak sedikit warga yang menonton turut mengabadikan momen ini dengan kamera ponselnya.

Tidak ada peraturan khusus dalam permainan sepak bola api ini. Selain untuk melatih fisik dan mental permainan ini bertujuan melestarikan tradisi.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

“Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola api berasal dari buah kelapa tua yang kering,” kata Budianto, pemain sepak bola api.

“Sebelum dibakar untuk dimainkan kelapa tua kering tersebut terlebih dahulu direndam minyak tanah selama beberapa hari,” katanya.

Yang ekstrem, di permainan ini peserta yang bermain tidak menggunakan sepatu, melainkan telanjang kaki.

“Tradisi sepak bola api ini sempat berhenti selama dua tahun berturut turut akibat adanya penerapan PPKM karena pandemi Covid-19,” kata Kepala Desa Mulyoharjo, Abdul Basir.

Sementara, warga berharap permainan sepak bola api terus digalakkan sebagai ajang silaturahmi umat muslim.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini