Share

Turis Singapura ke Kepri Kini Tak Perlu Tes PCR, tapi Masih Harus Antigen

Antara, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 406 2574139 turis-singapura-ke-kepri-kini-tak-perlu-tes-pcr-tapi-masih-harus-antigen-dJO8FApxxU.JPG Kawasan wisata Pantai Lagoi, Bintan, Kepri (Foto: Antara)

WISATAWAN asal Singapura yang hendak berlibur ke wilayah Kepulauan Riau (Kepri), semisal kawasan wisata Batam atau Bintan kini tak perlu lagi melakukan tes PCR Covid-19 di pintu masuk pelabuhan.

Hal itu dipastikan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad usai melakukan kunjungan ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta.

"BNPB akan segera mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang syarat masuk wisatawan dari Singapura khusus ke Kepri," ujar Ansar.

Kendati wisatawan dari Singapura tak lagi perlu melakukan tes PCR, namun kewajiban untuk melakukan tes Antigen masih tetap diberlakukan. Pemberlakuan hanya tes Antigen bagi wisatawan Singapura akan berlaku di semua pintu masuk internasional di Kepri.

Infografis Kuliner Batam

"Hal ini tentu jadi kabar baik agar wisatawan Singapura lebih tertarik berlibur ke Kepri, karena syaratnya semakin memudahkan mereka," sambungnya.

Menurut Ansar, alasan tak perlu diberlakukannya tes PCR dan hanya perlu tes antigen bagi wisatawan Singapura, disebabkan karena negara tetangga juga hanya mensyaratkan tes antigen bagi wisatawan yang masuk ke negara itu.

Usai surat edaran dari Kepala BNPB yang mengatur tentang pemberlakuan masuk wisatawan Singapura ke Kepri sudah keluar, ia mengaku juga akan mengeluarkan surat edaran serupa agar wisatawan Singapura dapat segera berlibur ke Kepri, dengan kemudahan dan membangkitkan kembali pariwisata di daerah itu setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Upaya mengembalikan kejayaan dunia pariwisata di Kepri lanjut Ansar, sebagai penyumbang kunjungan wisman terbesar kedua di Indonesia terus dikejar. Upaya koordinasi, komunikasi, konsultasi hingga terkait kebijakan regulasi gencar dilakukan.

"Kita ingin aturan wisman masuk ke Kepri dipermudah. Dengan tidak perlu PCR atau hanya cukup antigen bagi wisman yang datang ke Kepri, maka ini adalah kebijakan baru pemerintah dalam mendukung geliat pariwisata di Kepri," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini