Share

3 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 April 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 408 2574492 3-daerah-dengan-biaya-hidup-paling-malah-di-indonesia-JPBS9dX45y.jpg 3 daerah dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia termasuk Jakarta (Okezone.com/Arif)

ADA 3 daerah dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Besarnya biaya hidup tiap daerah memang berbeda-beda. Salah satunya dipengaruhi oleh tingkat inflasi, kemajuan daerah dan upah minimumnya pekerja.

Selain itu, tingginya minat pariwisata dan kawasan industri juga memengaruhi besarnya biaya hidup di kota itu. Sehingga tak jarang, banyak orang berbondong-bondong datang karena berharap bisa mendapatkan penghasilan lebih dibandingkan kota lainnya.

 BACA JUGA: 5 Tempat dengan Tata Kota Terbaik di Dunia

Lalu di mana saja kota yang mempunyai biaya hidup yang relatif besar. Berikut tiga di antaranya seperti MNC Portal himpun dari berbagai sumber.

1. Jakarta

Menurut hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah sebesar Rp4,446,770. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16,897,727.

Jakarta sebagai ibukotanya Indonesia menjadi salah satu kota tersibuk. Anda bisa melihat berapa padatnya masyarakat yang pergi kerja pada pagi hari, dan pulang malam hari, bahkan sampai larut.

 BACA JUGA: 7 Kota Termacet di Indonesia, Jakarta Juaranya

Berbagai perusahaan ternama lokal, internasional hingga pemerintahan pusat terdapat di Jakarta. Gedung-gedung pencakar langit pun berjejer di setiap sudut kota Jakarta. Serta gaya hidup warganya yang metropolitan dan kekinian, membuat biaya hidup di kota ini relatif mahal.

2. Bekasi

Selanjutnya adalah Bekasi, Jawa Barat yang mana rata-rata pengeluaran per kapita di Bekasi adalah sebesar Rp4,119,168. Sementara itu, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16,888,582.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya itu saja, Bekasi menjadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Berbagai macam jenis pabrik bisa Anda temukan di Bekasi, mulai dari otomotif, peralatan rumah tangga, makanan, minuman hingga kantor pemasaran hunian juga ada.

Maka tak heran apabila Bekasi termasuk salah satu kota dengan pengeluaran biaya paling mahal di Indonesia.

 Ilustrasi

3. Surabaya

Lalu ada Surabaya, Jawa Timur di mana total rata-rata pengeluaran per kapita di Surabaya adalah sebesar Rp4,240,902. Kemudian total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16,115,429.

Surabaya menjadi bagian kota dengan biaya paling mahal, karena wilayah ini merupakan salah satu pusat bisnis setelah Jakarta. Tak hanya itu saja, julukan Kota Pahlawan ini juga kawasan metropolitan terbesar di Jawa Timur, sekaligus kota terbesar kedua setelah Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini