Share

Mau Mudik Lebaran 2022? Begini Cara Booking Tiket Pesawat via Online dan Offline

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 406 2575040 mau-mudik-lebaran-2022-begini-cara-booking-tiket-pesawat-via-online-dan-offline-HUS2AZqsjC.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BEPERGIAN dengan pesawat menjadi pilihan bagi traveler yang ingin menempuh perjalanan jarak jauh. Nah, sebelumnya tentu saja harus memahami dulu cara memesan (booking) tiket pesawat. Ini bisa dilakukan secara online maupun offline atau manual.

Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik pada momentum Lebaran 2022. Artinya, permintaan tiket pesawat bakal meningkat drastis. Apalagi ada kelonggaran dalam bepergian saat ini, di mana tak perlu lagi harus tes swab jika sudah mendapat vaksin dosis ketiga atau booster.

Nah, jika berencana mudik dengan pesawat atau liburan, sebaiknya Anda sudah bisa memesan tiket pesawat.

Bagaimana cara memesan atau booking tiket pesawat di keduanya, baik secara online maupun offline. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini langkahnya. 

1. Online

Cara mudah memesan tiket pesawat tentu saja lewat online. Jadi, di mana saja dan kapan saja Anda bisa memesannya dengan gadget yang terhubung internet. Ada banyak aplikasi penyedia tiket salah satunya Mister Aladin. Bisa juga langsung membookingnya di situs resmi masing-masing maskapai penerbangan.

Caranya, Anda masuk ke aplikasi atau situs resmi maskapai penerbangan. Klik booking pesawat, lalu isi data diri mulai dari nama sesuai KTP, alamat hingga seat yang dipilih. Selanjutnya ikuti petunjuknya.

Setelah data-data dan seat sudah selesai, maka Anda tinggal melakukan pembayaran. Bisa menggunakan mobile banking, di mana saat akan pembayaran akan ada kode transaksi yang kemudian dimasukan ke dalam mobile banking melalui fitur virtual account.

2. Offline 

Selanjutnya adalah booking pesawat secara langsung atau offline. Pertama melalui call center, karena setiap maskapai penerbangan pasti memiliki call center yang digunakan yakni sebagai jalur komunikasi langsung antara representatif perusahaan penerbangan dengan pelanggan.

Nantinya Anda tinggal menekan nomor telepon call center maskapai penerbangan yang akan digunakan. Setelah itu ikuti instruksi dari call center, mulai dari isi data diri hingga cara pembayarannya.

Kedua, selain membeli lewat call center Anda juga bisa mengunjungi agen travel perjalanan. Bisa melalui telepon, maupun datang langsung ke gerainya.

Biasanya jika Anda membelinya di agen perjalanan, mereka akan menawarkan paket destinasi lainnya yang dapat mempermudah perjalanan Anda. Bahkan ada juga promo-promo menarik, hingga diskon.

 Ilustrasi

Ketiga, Anda bisa booking tiket pesawat melalui gerai resmi maskapai penerbangan yang akan digunakan. Biasanya perusahaan penerbangan ini membuka gerainya di mall, kios-kios hingga bandara.

Apabila Anda membookingnya di gerai resmi, maka Anda akan langsung dilayani oleh petugas dari maskapai penerbangannya. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat bertanya langsung kepada petugas terkait keadaan pesawat, dan penawaran-penawaran khusus yang tidak disediakan di tempat lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini