Share

Wisata Pantai di Rembang Tutup Selama Ramadan, Pengelola: Supaya Fokus Ibadah

Musyafa Musa, Jurnalis · Sabtu 09 April 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 406 2575643 wisata-pantai-di-rembang-tutup-selama-ramadan-pengelola-supaya-fokus-ibadah-FEYus5cQxv.jpg Pantai Karangjahe di Rembang tutup selama Ramadan 1443 Hijriah (MPI/Musyafa)

PENGELOLA wisata pantai di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah menerapkan cara berbeda saat Ramadan 1443 Hijriah. Misalnya Pantai Karangjahe di Desa Punjulharjo, Rembang. Pihak pengelola menutup total obyek wisata tersebut selama bulan suci.

Ali Mustofa, mewakili pengelola wisata Pantai Karangjahe mengatakan bahwa kebijakan itu semata-mata untuk menghormati bulan Ramadhan, sehingga umat Islam bisa lebih fokus beribadah.

“Supaya fokus untuk ibadah Ramadhan,” katanya, Jumat 8 April 2022.

Selain itu, pihaknya menggunakan libur Ramadan untuk melengkapi sejumlah fasilitas, agar kedepan semakin menambah daya tarik pengunjung.

“Spot foto selfie ditambah, diperbarui, supaya nggak monoton itu-itu saja,” kata Ali.

Ali membenarkan saat awal-awal Ramadan, memang ada saja wisatawan yang datang ke Pantai Karangjahe. Namun setelah diumumkan melalui media sosial maupun ada banner yang dipasang di akses jalan masuk, akhirnya wisatawan mengetahui. Nantinya Pantai Karangjahe baru akan dibuka kembali pada hari kedua Lebaran.

“Hari pertama Lebaran masih tutup, karena memberikan kesempatan untuk silaturahmi ke sanak saudara, anjangsana. Nanti kalau sudah buka, standar protokol kesehatan tetap kita berlakukan,” tandasnya.

Sementara Pantai Pasir Putih Wates di Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori hanya tutup tiga hari di awal Ramadan. Setelah itu, buka seperti biasa.

Heri Prasetyo, pengelola Pantai Pasir Putih Wates mengatakan warung makan yang ada di dalam obyek wisata buka dari pukul 13.00 dan tutup 16.30 WIB.

Ia juga menyebut Lebaran tetap buka seperti biasa. Saat ini pihaknya sedang fokus memperluas area parkir dan melengkapi dengan sarana kamera CCTV, guna memastikan kesiapan dari sisi keamanan.

Apalagi jumlah pengunjung saat libur Lebaran nanti diperkirakan melonjak, seiring dengan kebijakan pemerintah memperlonggar mudik Lebaran.

“Jadi saat ini fokus melebarkan tempat parkir dan memasang kamera CCTV, soalnya pas Lebaran nanti, kita prediksi pengunjung akan sangat ramai mas, “ kata Heri.

Ilustrasi

Heri menimpali saat Ramadhan, pengunjung yang datang pada sore hari tergolong lumayan. Tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga dari luar Kabupaten Rembang.

“Mereka kebanyakan duduk-duduk bersantai di pinggir pantai, sambil menunggu waktu berbuka puasa, “ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini