Share

Daftar Museum Tertua di Dunia, Koleksinya Bikin Jatuh Hati

Maria Alexandra, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 408 2575963 daftar-museum-tertua-di-dunia-koleksinya-bikin-jatuh-hati-W1GNj427PY.jpg Ilustrasi traveling (dok. Freepik)

MUSEUM merupakan sebuah tempat untuk menyimpan dan melestarikan berbagai benda bersejarah yang memiliki nilai historis penting.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, Indonesia sendiri memiliki 439 museum yang tersebar di berbagai penjuru daerah. Di antaranya ada yang telah berdiri selama ratusan tahun.

Berikut daftar museum tertua di dunia:

 Museum Capitoline

Museum Capitoline telah berdiri sejak 1471 ketika Paus Sixtus IV menyumbangkan satu set perunggu prasejarah ke Roma dan menempatkannya di Bukit Capitoline. Museum ini merupakan museum pertama di dunia. Museum Capitoline mengoleksi arkeologi dan seni berupa prasasti Romawi kuno, patung Romawi kuno, koleksi koin dan seni pada abad Renaisans. Lokasi museum berada di Plazza Del Campidoglio, Bukit Capitoline Roma. Dibuka untuk umum pada tahun 1734 dan saat ini museum dikelola oleh pemerintah Roma.

 infografis

Museum Vatikan

Museum Vatikan bermula ketika Paus Julius II membeli patung ikonik Laoco├Ân and His Sons lalu memajangnya di depan umum pada tahun 1506. Di museum ini terdapat koleksi karya dan koleksi besar yang dibangun oleh Gereja Katolik Roma. Koleksi-koleksi tersebut diantaranya, beberapa patung klasik dan seni-seni pada masa Renaisans. Museum ini terletak di dekat Museum Capitoline.

 Museum Radya Pustaka

Berdiri sejak tahun 1890, Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia. Museum ini berlokasi di Surakarta, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi. Menelusuri sejarahnya, diketahui bahwa Museum Radya Pustaka didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada masa pemerintahan Pakubuwono IX. Museum tersebut berada di Dalem Kepatihan Keraton Surakarta. Selain digunakan untuk menyimpan surat-surat kerajaan, tempat yang dikenal dengan sebagai Perpustakaan Keraton ini juga menjadi lokasi pasa sastrawan dan pujangga keraton berkumpul. Seiring waktu, benda berharga kerajaan juga ikut disimpan di sini. Akhirnya, karena barang yang disimpan sudah semakin banyak, seluruh koleksi dipindah ke lokasi yang menjadi tempat museum saat ini. Kepindahan itu dilakukan pada tahun 1913.

Museum Royal Armouries

Museum ini dibuka untuk umum sejak tahun 1660 dan merupakan museum tertua di Inggris. Koleksi di Museum Royal Armouries ini ialah baju besi dan koleksi armour. Museum ini memiliki 70.000 koleksi yang kebanyakan berasal dari gudang senjata nasional Inggris. Saat ini museum Royal Armouries memiliki tiga cabang di Inggris. Di sini pengunjung akan mendapatkan banyak informasi tentang pengetahuan perang, evolusi perang, dan teknik-teknik persenjataan.

 Museum Basel

Museum Basel dibangun pada tahun 1661. Awal pembuatan museum ini bermula saat Kota Basel membeli koleksi Amerbach Cabinet milik Hans Holbein dan kemudian menjadikannya sebagai museum pertama di Swiss. Museum Basel memiliki beragam ratusan koleksi lukisan dan seni dari abad ke 15 hingga abad 17. Selain itu, karya seni dari abad ke-19 sampai abad ke-21 juga bisa dijumpai di sini.

 Museum Ashmolean

Museum Ashmolean awalnya berdiri ketika Elias Ashmole menghadiahkan koleksinya ke Universitas. Museum ini merupakan museum universitas yang dibuka untuk publik pada tahun 1683. Museum Ashmolean mengoleksi seni dan arkeologi milik Universitas Oxford. Lebih dari 200.000 catatan objek bisa dicari dalam koleksi online museum ini. Selain beragam koleksi, museum ini juga memiliki laboratorium kimia dan ruang untuk kuliah sarjana. Museum Ashmolean terletak di Beaumont Street, Oxford, Inggris. Koleksi yang terkenal di museum ini ialah mengenai mumi Mesir hingga seni kontemporer.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini