Share

Catat! 5 Barang yang Wajib Dibawa saat Traveling di Bulan Ramadan

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 11 April 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 406 2576336 catat-5-barang-yang-wajib-dibawa-saat-traveling-di-bulan-ramadan-3aZ8PQkpxF.jpg Traveler Muslim (Foto Aboutislam)

MESKIPUN dalam keadaan berpuasa, traveling di bulan suci Ramadan justru bisa jadi akan terasa lebih mengasyikkan sekaligus seru lho!

Mengunjungi destinasi wisata favorit sambil berburu kuliner otentik setempat sebagai menu sahur atau berbuka adalah momen yang tidak akan kamu dapatkan apabila melancong di waktu lain.

Untuk itu, anda perlu menyiapkan sejumlah barang dan perlengkapan agar perjalanan terasa nyaman, ibadah pun aman.

Nah sebagai referensi, berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar 5 barang yang wajib dibawa saat traveling di bulan puasa.

1. Perlengkapan Ibadah

Ke manapun tujuan traveling kamu, pastikan ibadah tetap nomor satu ya, terlebih saat momentum bulan suci Ramadhan! Maka sudah selayaknya kamu membawa perlengkapan ibadah pribadi demi kenyamanan diri sekaligus menghindari kerepotan.

Untuk traveler perempuan, pastikan kamu membawa paket mukena yang ringkas dan bisa masuk dalam tas. Sementara laki-laki, jangan lupa membawa sarung atau celana panjang khusus beribadah ya.

2. Camilan Ringan nan Praktis

Meskipun kamu sudah menargetkan untuk berwisata kuliner sebagai menu sahur ataupun berbuka, pastikan untuk tetap membawa camilan ringan nan praktis seperti misal kurma atau permen.

Hal ini karena untuk menghindari situasi darurat apabila kamu harus berbuka puasa di jalan. Selain itu, memastikan asupan nutrisi yang tercukupi selama bulan puasa juga tidak ada salahnya kan?

3. Multivitamin dan Obat-obatan

Selain camilan ringan yang praktis, membawa multivitamin dan obat-obatan adalah upaya memastikan tubuh mendapatkan asupan yang diperlukan.

Maka pastikan kamu membawa barang ini saat traveling di bulan puasa yang akan sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap fit, terlebih jika tiba-tiba kondisi badan kamu nge-drop saat di perjalanan.

4. Botol Minum Pribadi

Selain makanan, minuman adalah hal yang sangat urgent bagi seorang traveler, terlebih jika melakukan perjalanan di bulan puasa. Untuk memastikan tubuh kamu tetap ter-hidrasi, bawalah botol minum pribadi.

Hal ini juga untuk mencegah kamu dari kerepotan jika memilih membeli air mineral botol, yang sudah keluar uang, kamu malah menghasilkan sampah.

Tentu akan lebih praktis sekaligus hemat apabila membawa botol minum pribadi, yang bisa kamu isi ulang di tap water yang tersedia di spot traveling mu, bukan?

Ilustrasi

5. Tisu Basah

Setelah memastikan sejumlah barang fundamental seperti peralatan ibadah dan perlengkapan makan dan minum, perhatikan juga sisi kebersihan pribadi mu. Untuk itu, tisu basah adalah barang yang rasanya wajib dibawa saat traveling, terlebih di bulan puasa dan di tengah situasi pandemi.

Jika ada kotoran yang menempel di tangan, wajah ataupun peralatan makan dan minum mu, tinggal dibersihkan dengan tisu basah. Anti ribet dan praktis! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini