Share

Bangkitkan Pariwisata, Sumbar Luncurkan Visit Beautiful West Sumatera 2023

Antara, Jurnalis · Senin 11 April 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 10 406 2576432 bangkitkan-pariwisata-sumbar-luncurkan-visit-beautiful-west-sumatera-2023-cZcZcLRNhd.jpg Lembah Harau di Tanah Datar, Sumatera Barat (Instagram @visitsumatera_)

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Barat memanfaatkan momentum makin melandainya penyebaran COVID-19 dan dimudahkannya syarat perjalanan dengan meluncurkan agenda Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 sebagai upaya membangkit perekonomian melalui sektor wisata.

"Kita mencoba memanfaatkan momentum makin mudahnya syarat perjalanan untuk membangkitkan kembali perekonomian Sumbar, terutama melalui sektor pariwisata," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Sabtu.

 BACA JUGA: Sensasi Wisata Kuliner di Keuken Van Elsje Bandung, Suasana Khas Belanda Tempo Dulu

Ia mengatakan Sumbar memiliki modal yang sangat besar dalam sektor pariwisata. Segala bentuk wisata mulai dari dasar laut hingga pegunungan lengkap di Sumbar. Ditambah lagi dengan ragam kuliner dan seni budaya yang memukau.

 

Dengan program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, kampanye services dan cleanness di destinasi wisata telah digalakkan sejak akhir 2021 sebagai upaya meningkatkan kualitas dan fasilitas di destinasi.

 BACA JUGA: Terungkap! Destinasi Internasional dan Domestik yang Sangat Ingin Dikunjungi Wisatawan Indonesia

"Bagi wisatawan yang paling penting itu services atau pelayanan dan cleanness atau kebersihan. Dua hal itu harus menjadi fokus perhatian baik pemerintah maupun masyarakat serta pengelola destinasi agar wisatawan merasa nyaman dan betah di Sumbar," katanya.

Ia menilai momentum lebaran dengan perkiraan 1,8 juta orang akan mudik ke Sumbar bisa menjadi peluang promosi yang luar biasa bagi pariwisata daerah. Sebagian besar perantau yang mudik pasti akan berwisata dan mengunggah tempat-tempat yang dikunjunginya di media sosial. Dengan demikian akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dan datang ke Sumbar pada 2023.

Sebelumnya Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama menilai pariwisata berpotensi menjadi salah satu lokomotif perekonomian Sumbar pada 2023.

Ia menyebut BI mendukung program VBWS 2023. Untuk itu pihaknya merekomendasikan agar mengoptimalkan tim kerja Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dalam memimpin integrasi peta jalan pengembangan pariwisata.

 Ilustrasi

Selain itu, harus segera dilakukan kampanye publik untuk membentuk pola kepedulian masyarakat. Kepedulian juga bisa dibangun melalui suasana festival yang meriah, seperti pemasangan marawa ataupun mengimbau setiap instansi untuk mewajibkan pegawai mengenakan tenun Minang

Dia menjelaskan, perekonomian Sumbar pada triwulan IV 2021 tumbuh positif melanjutkan tren pemulihan, tercatat sebesar 4,38 persen (yoy) meningkat dibandingkan dengan triwulan III 2021 yang tumbuh 3,31 persen (yoy).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini