Share

10 Negara Penghasil Polusi Terbesar di Dunia, Termasuk Indonesia!

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 408 2577899 10-negara-penghasil-polusi-terbesar-di-dunia-termasuk-indonesia-3fDHEc7zf4.jpg 10 negara penghasil polusi terbesar di dunia termasuk China (Foto Reuters)

ADA 10 negara penghasil polusi terbesar di dunia, Indonesia termasuk salah satunya.

Polusi udara yang hingga saat ini menjadi kasus global yang masih terus berlanjut. Bahkan ada beberapa negara memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi, sehingga mengancam kesehatan masyarakatnya.

Polusi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kendaraan roda dua, roda empat, bus, pembakaran sampah hingga asap limbah dari pabrik-pabrik yang berdiri. Kemudian terdapat 10 negara yang memiliki masalah tentang polusi.

Menurut laporan terbaru yang dirilis lembaga internasional yang berbasis di Washington DC, Open AQ dengan judul “Open Air Quality Data: The Global State of Play”, seorang ilmuwan atmosfer sekaligus pendiri OpenAQ, Dr Christa Hasenkopf menjelaskan, terkait dengan penelitian itu dilakukan dengan menguji 212 negara.

 BACA JUGA: 7 Kota Teraneh yang Dihuni Manusia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Ia juga mengatakan, pentingnya data kualitas udara sumber terbuka, dan dampak luar biasa dari aliran dana untuk polusi udara infrastruktur dapat mengatasi ketidaksetaraan udara dan meningkatkan hasil kesehatan.

Negara mana saja? berikut sepuluh di antaranya;

1. China

Pertama adalah China, menjadi negara yang menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Negara yang dijuluki Negeri Tirai Bambu ini menyumbang 26,1 persen emisi gas rumah kaca, kini berada di atmosfer Bumi.

 Ilustrasi

10 negara penghasil polusi terbesar di dunia termasuk China

Kemudian sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca di China adalah listrik dan sektor perindustrian.

2. Amerika Serikat

Kedua adalah Amerika Serikat, sebagai negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar bumi dan jadi salah satu negara yang menghasilkan polusi tertinggi.

Amerika Serikat menyumbang 12,67 persen gas rumah kaca. Sektor penyumbang gas rumah kaca terbesar di AS ialah listrik dan transportasi.

3. Uni Eropa

Di peringkat ketiga adalah Uni Eropa, sebagai negara pelepas emisi gas rumah kaca terbesar di dunia dan menghasilkan polusi udara yang tinggi.

Uni Eropa menyumbang 7, 52 persen emisi gas rumah kaca global. Seperti AS, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

4. India

India menjadi negara keempat penyumbang emisi gas rumah kaca global. Negara ini menyumbang 7,08 persen polusi yang mengancam keselamatan bumi.

 BACA JUGA: 5 Tempat dengan Tata Kota Terbaik di Dunia

Beberapa sektor terbesar yang menghasilkan gas rumah kaca di negara ini adalah listrik dan agrikultur.

 

5. Rusia

Rusia juga termasuk negara yang menyumbang emisi gas rumah kaca di dunia, atau salah satu yang mengumpulkan polusi tinggi di dunia.

Rusia memproduksi 5,36 persen emisi gas rumah kaca yang ada dunia. Sektor terbesar yang menyumbang gas rumah kaca di Rusia adalah listrik dan emisi akibat kebocoran (fugitive emissions).

6. Jepang

Jepang dengan segala kecanggihan teknologinya, juga menjadi negara penyumbang polusi tertinggi di dunia. Negeri Sakura ini menghasilkan 2,5 persen emisi gas rumah kaca dunia.

Seperti AS dan Uni Eropa, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang memproduksi gas rumah kaca di negara itu.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Brasil

 

Meskipun Brasil sebgai negara yang dikenal dengan kekayaan hutannya, namun ternyata masuk dalam daftar negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar.

Brasil bertanggung jawab atas 2,19 persen emisi gas polusi udara di dunia. Sektor yang menghasilkan emisi gas rumah kaca terbesar di negara ini ialah agrikultur dan transportasi.

8. Bangladesh

Selnajutnya adalah Bangladesh menjadi negara dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia pada 2021. Menurut laporan IQAir, indeks kualitas udara negara tersebut mencapai 76,9 poin.

 Ilustrasi

9. Indonesia

Indonesia masuk di peringkat 17 polusi udara terburuk di dunia. Ini tentu dapat mengancam keselamatn bumi.

Indonesia menjadi negara dengan polusi udara terburuk di dunia dengan konsentrasi PM2,5 tertinggi, yakni 34,3 g/m3.

Mengutip laporan kualitas udara dunia dari IQAir 2021, posisi tersebut juga menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu yang paling berpolusi di kawasan Asia Tenggara.

10. Zimbabwe

Kabwe merupakan kota terbesar kedua di Zimbabwe. Namun naas, anak-anak yang tinggal di wilayah tersebut mayoritas darahnya terkontaminasi timbal.

Hal ini disebabkan oleh logam berat menyebar dalam bentuk partikel debu karena proses pelelehan. Sehingga negara ini masuk ke dalam daftar wilayah yang memiliki polusi udara terburuk dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini