Share

Cerita Wapres Maruf Amin Terinspirasi Jam Gadang hingga Kagumi Kuliner Tanah Minang

Antara, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 406 2578070 cerita-wapres-maruf-amin-terinspirasi-jam-gadang-hingga-kagumi-kuliner-tanah-minang-8d69sWE9Pt.JPG Wapres RI, KH. Maruf Amin (Foto: Instagram/@kyai_marufamin)

WAKIL Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyebut, Jam Gadang yang menjadi ikon Sumatera Barat (Sumbar) bisa menginspirasi semua pihak, khususnya masyarakat Sumbar untuk menghasilkan produk-produk unggulan yang mampu bersaing di pasar global.

Hal itu disampaikan Kiai Maruf saat meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Bukittinggi, Selasa, 12 April 2022 lalu.

"Di pelataran Jam Gadang yang bersejarah, kita bersama-sama menegakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Saya harap keindahan Jam Gadang ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa kita mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang siap bersaing di pasar global," ujar Kiai Maruf Amin.

Menurut dia, tak ada alasan untuk tidak bangga pada produk-produk buatan sendiri, contohnya Jam Gadang. Wapres bilang, sejak dulu Sumatera Barat dikenal sebagai sentra UMKM.

Melalui Gernas BBI yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2020, lanjutnya, pemerintah ingin semakin membangkitkan gairah masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk-produk lokal.

"Kita terus berupaya agar produk dalam negeri terutama produk UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan konsumsi produk impor. Saya harap memang UMKM ini tidak terkena penyakit stunting, artinya kerdil terus, sehingga perlu kita dorong," tuturnya.

Dirinya mengapresiasi upaya pemerintah Sumbar yang terus memperluas jaringan internet hingga pedesaan, yang dapat mendorong transformasi digital UMKM di seluruh Sumbar.

Kuliner Sumbar

Wapres Maruf tak lupa menyatakan kekagumannya terhadap kuliner Sumatera Barat dalam kunjungan kerjanya ke Tanah Minang.

"Tidak ada makanan yang enak di tanah Minangkabau (Sumatera Barat) ini, yang ada hanyalah makanan enak sekali," kata Wapres Maruf Amin.

Ia meminta sektor pariwisata kuliner yang menjadi kekuatan utamanya mendapat perhatian besar dari pimpinan daerah di Sumbar.

"Masakan Sumatera Barat adalah kekuatan untuk memenuhi peran wisata kuliner saat ini, saya meminta dengan pembentukan zona kuliner halal, aman dan sehat akan semakin meningkatkan pariwisata," katanya.

Kontribusi pengusaha dan perantau Sumbar di seluruh Indonesia lanjutnya, menjadi penting untuk pengembangan kuliner Minang yang diterima oleh seluruh masyarakat.

"Dengan label halal, menjadi perlindungan bagi umat Islam di seluruh dunia hingga produk Indonesia termasuk kuliner Minang nantinya bisa diterima hingga luar negeri," pungkas Wapres.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini