Share

Ada di Kakbah, Inilah Lokasi Malaikat Jibril Mengajarkan Nabi Muhammad Shalat

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 408 2578422 ada-di-kakbah-inilah-lokasi-malaikat-jibril-mengajarkan-nabi-muhammad-shalat-DixKYbI6TN.JPG Lokasi malaikat Jibril ajarkan Nabi Muhammad shalat (Youtube Alman Mulyana)

KAKBAH di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi merupakan kiblat umat Islam dan tempat Muslim tawaf. Situs Suci yang hampir tak pernah sepi diziarahi manusia. Di Kakbah terdapat Hajar Aswad dan Hijir Ismail yang diyakini sebagai tempat ijabah doa.

Tapi, ada spot penting lagi yang jarang diketahui adalah lokasi pertama Nabi Muhammad SAW diajarkan shalat oleh malaikat Jibril pada masa awal-awal masa kenabian. Lokasi ini berada persis di bawah pintu Kakbah, dekat Hajar Aswad.

Akun Youtube Alman Mulyana dalam sebuah videonya menayangkan lokasi malaikat Jibril mengajarkan Nabi Muhammad shalat. Video ini direkam sebelum pandemi COVID-19.

Terlihat jamaah masih berkerumun di Kakbah memanjatkan doa. Perekam video harus menembus kerumunan untuk tiba di dekat pintu Kakbah.

Ilustrasi

Kakbah (Shutterstock)

Kemudian pada bagian bagian pondasi Kakbah atau Syadzarwan dekat pintu Kakbah terdapat beberapa batu marmer wana coklat. Nah, di sinilah diyakini sebagai lokasi malaikat Jibril pertama kali mengajarkan Nabi Muhammad shalat dan cara berwudhu.

“Ini tempat di mana Rasulullah diajarkan shalat pertama kali sama malaikat Jibril,” kata pembuat konten dalam videonya.

Sebagaimana diketahui, shalat lima waktu merupakan ibadah wajib bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan berakal.

Nabi Muhammad menerima perintah shalat lima waktu langsung dari Allah di langit melalui peristiwa Israk Mikraj, yakni perjalanan malam dari Makkah ke Baitul Maqdis di Palestina lalu naik ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh.

Ini satu-satunya ibadah dalam Islam yang diterima oleh Nabi Muhammad langsung dari Allah di langit. Sedangkan perintah ibadah lain seperti puasa, haji, zakat dan lainnya diterima semuanya di bumi melalui wahyu.

Malaikat Jibril mulanya mengajarkan tata cara berwudhu ke Rasulullah. Lalu, Jibril berdiri mengimami Rasulullah sekaligus mengajarkannya shalat.

Setelah selesai shalat, Nabi Muhammad bergegas pulang ke rumah menemui istrinya Khadijah, memperlihatkan semua gerakan wudhu dan shalat seperti diajarkan Jibril. Khadijah pun mengikuti semua gerakan Nabi. Gerakan shalat itu kemudian diajarkan juga ke para sahabat Nabi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini