Share

Terpukau Pesona Bukit Cinangkiak, Sandiaga: Harus Dikembangkan Jadi Pariwisata Berkelanjutan

Antara, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 406 2578795 terpukau-pesona-bukit-cinangkiak-sandiaga-harus-dikembangkan-jadi-pariwisata-berkelanjutan-NWdpk823L1.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong destinasi wisata Bukit Cinangkiak, Solok, Sumatera Barat (Sumbar), meningkatkan kedatangan wisatawan hingga di atas satu juta di tahun ini.

“Tahun lalu ada 820 ribu,” ujarnya saat meninjau destinasi Bukit Cinangkiak, Solok, Sumbar, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Untuk mendorong kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Bukit Cinangkiak, Sandiaga berharap adanya pengembangan konsep wisata berkelanjutan.

Infografis Kebun Raya di Indonesia

Pengembangan konsep berwisata berkelanjutan dinilai dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi.

“Bukit Cinangkiak sudah memiliki potensi alam yang indah. Meski demikian, masih harus dikembangkan menjadi pariwisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan go digital,” ucap dia.

Selain itu, Sandi mengimbau para pemangku kepentingan di Bukit Cinangkiak untuk membangun homestay dan villa di sekitar kawasan destinasi wisata dengan konsep ramah lingkungan.

“Kalau hotel yang besar itu, apalagi di dataran seperti ini menurut saya sayang, karena merusak pemandangan. Tapi, kalau misalnya menyatu dengan alam (seperti homestay dan villa) lebih diminati dan ini sudah punya 82 homestay,” terangnya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Selanjutnya, dirinya mendorong kepala daerah di Solok menghadirkan berbagai event yang unggul dan berkualitas guna meningkatkan daya tarik wisata di daerah setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Solok, Epyardi Asda menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf yang telah memberikan optimisme untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Solok

“Di Cinangkiak ini rata-rata merugi terus, karena begitu launching langsung pandemi (Covid-19). Mudah-mudahan pascapandemi ini bisa berkembang dengan baik, setelah lebaran ini lebih banyak pengunjung,” kata Epyardi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini