Share

Sudah Tahu Belum? Ini Lho Perbedaan Traveling Jadul dan Modern

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 15 April 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 406 2578807 sudah-tahu-belum-ini-lho-perbedaan-traveling-jadul-dan-modern-CYsWPBaXjT.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PERKEMBANGAN teknologi ke arah serba digital memberi banyak perubahan dalam kehidupan manusia, tak terkecuali gaya liburan para traveler. Ya, gaya traveling masa kini seolah tak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik.

Mulai dari penggunaan teknologi hingga peralatan traveling yang dipakai pun sangat jauh berbeda. Apa saja? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam perbedaan traveling jadul dan modern yang serba digital.

Penggunaan peta

Traveling zaman dulu alias jadul selalu memakai peta fisik saat bepergian. Tentu saja sebagai penunjuk arah dalam mencapai lokasi tujuan agar tak tersesat di jalan. Peta seolah menjadi salah satu benda wajib yang tak boleh ketinggalan saat bepergian. Apalagi ketika datang ke negara atau daerah yang baru pertama kali dikunjungi.

Tapi buat traveler modern yang serba digital sudah tak perlu repot-repot lagi membawa peta sungguhan. Kini sudah ada aplikasi peta, baik online maupun offline sebagai penunjuk arah untuk mencapai lokasi wisata. Kamu hanya perlu mengakses Google Map via smartphone, lalu ketik lokasi tujuan yang diinginkan. Dijamin, kamu bakal bebas dari problem tersesat saat liburan!

Mencari informasi tempat wisata

Traveling jaman dulu tak memiliki akses internet seperti saat ini. Alhasil, para traveler harus mencatat secara manual tempat-tempat yang akan dikunjungi, bertanya ke warga setempat, hingga membeli buku panduan tempat wisata sebagai referensi. Ribet banget deh!

Infografis Tips Traveling Aman

Kalau sekarang, internet sudah bisa diakses di mana-mana. Semua informasi seputar tempat tujuan pun bisa langsung didapatkan melalui Google. Bahkan, kamu bisa mendapatkan informasi seputar jadwal transportasi, jadwal buka-tutup tempat wisata, potret serta berbagai spot foto menarik hingga harga tiket tempat wisatanya.

Barang bawaan elektronik

Ada banyak barang bawaan elektronik yang tak boleh terlupakan di era modern ini, mulai dari smartphone, tablet, laptop, kamera, charger, power bank, action cam, bahkan mungkin sampai drone sebagai alat pendukung membuat konten. Meski tidak bawa semua yang disebutkan ini, tapi setidaknya kamu bawa beberapa alat elektronik tersebut kan?

Apalagi kamera, salah satu 'senjata' yang tak boleh dilupakan saat bepergian. Kini para traveler modern bisa mengabadikan berbagai spot dan momen indah dengan lebih maksimal menggunakan berbagai fitur canggih yang ada.

Canggihnya lagi, kamera tersebut memiliki fitur WiFi sehingga foto-foto yang ditangkap bisa langsung dibagikan ke media sosial. Beda banget dengan traveling jaman dulu yang hanya mengandalkan kamera tustel!

Reservasi penginapan

Traveler modern bisa memesan kamar penginapan dengan mudah secara online menggunakan aplikasi di smartphone, bahkan bisa dilakukan dari jauh-jauh hari agar tak kehabisan.

Ini jauh berbeda dengan traveling zaman dulu yang harus menelpon penginapan dan menanyakan satu-satu soal ketersediaan kamar kosong, terutama saat liburan akhir tahun. Sering banget gak dapat kamar kosong!

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Jumlah uang yang dibawa

Traveling zaman dulu harus pintar me-manage keuangan saat berlibur. Bukan tanpa alasan, uang tunai yang dibawa pasti pas-pasan. Berbeda dengan zaman modern yang sudah memakai credit card serta hadirnya mesin ATM yang begitu memudahkan.

Jika uang tiba-tiba habis di tengah jalan, para traveler pun bisa meminta orang tua ataupun kerabat untuk mengirimkan uang saat itu juga.

Transfer pun tak perlu lagi pergi ke mesin ATM, karena sekarang sudah bisa dilakukan secara kilat melalui mobile banking di smartphone. Pergi ke luar kota pun tak perlu uang cash yang banyak, cukup bawa kartu kredit ataupun debit, kamu sudah bisa belanja dan jajan sepuasnya!

Infografis Kebiasaan Buruk Traveling

Sarana transportasi

Traveling zaman dulu tak memiliki akses transportasi yang mudah seperti sekarang, mulai dari jadwal pemberangkatan, antrean dan lainnya.

Kalau traveling masa kini, jadwal transportasi seperti MRT, pesawat, atau bus kota sudah bisa dilihat secara real time, sehingga bisa menghemat waktu serta mengestimasi perjalanan sebelumnya.

Bahkan, ada transportasi online yang bisa jadi pilihan alternatif untuk menghemat waktu saat bepergian. Traveling zaman modern ini mudah banget kan? (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini